0
Thumbs Up
Thumbs Down

Damri Tingkatkan Layanan Digital Lewat Fleet Management System

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 24 Nov 2020 06:18
Dilihat: 48
Jakarta

Memasuki ulang tahun ke 74, Damri melakukan pembenahan diri lewat manajemen berbasis digital seiring dengan perkembangan industri transportasi modern 4.0. Setelah mengembangkan berbagai aplikasi yang memudahkan pelanggan, kali ini Damri menerapkan Damri Fleet Management System (DFMS) yang akan semakin mengoptimalkan kinerja operasional dan proses kontrol dan monitoring.

DFMS mengacu pada teknologi untuk bertukar informasi antara armada kendaraan dengan platform pusat guna memastikan produktivitas kinerja armada Damri. Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan. Data pemantauan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada.

Damri Tracking System atau sistem pelacakan menempatkan perangkat Global Positioning System (GPS) pada setiap armada untuk mengetahui lokasi akurat. Selain pemasangan GPS, pemasangan CCTV pada setiap bus membantu untuk memantau setiap aktivitas di dalam bus guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Garuda Indonesia Sediakan Rujukan Tes Usap hingga 150 Titik Lebih

Dengan pemasangan kedua alat tersebut, Damri memiliki Damri Central Control Room (DCCR) yang berada di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang untuk mengamati dan mengendalikan kondisi operasional. DCCR juga menginformasikan keadaan bus yang sekiranya perlu untuk melakukan perawatan maupun pergantian onderdil dengan mudah dan cepat.

"Dalam kondisi tertentu yang tidak diinginkan (force majeure), hal ini mempermudah komunikasi antara tim operasional dan manajemen untuk respons cepat tanggap," kata Sandy, Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Damri, beberapa waktu lalu.

Selain DFMS, Damri juga mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMA) sebagai langkah yang cermat berbasis analisis atas situasi dan kondisi perusahaan, serta tingkat kesiapannya. Hal ini diterapkan guna melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG).

SIMA Damri sendiri terbagi dalam beberapa bagian, yaitu SIMA Teknik, SIMA SDM (Human Resources Information System), SIMA Operasi, SIMA Keuangan, SIMA Umum, dan divisi lainnya.

Pemanfaatan Teknologi Informasi mendukung tujuan dan sasaran organisasi, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaannya. Dengan adanya SIMA Damri, manajemen dapat menerapkan prinsip GCG, seperti transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran.

Dengan pemanfaatan dan penerapan SIMA Damri, manajemen mengedepankan integrasi dan transparansi guna mencegah segala bentuk kecurangan atau whistleblowing. Aktivitas di dalamnya antara lain termasuk penyusunan perhitungan data, penyortiran data, pengelompokkan data, dan penyederhanaan data.

Baca Juga: Waskita Karya Catat Kontrak Baru Rp15 Triliun hingga Oktober 2020

Pembenahan perusahaan lewat manajemen berbasis digital Damri juga dimaksimalkan lewat pemanfaatan transaksi nontunai. Tiket elektronik telah dikembangkan melalui beragam saluran, yaitu Damri Apps (untuk pengguna Android) dan Tiket.damri.co.id untuk memudahkan pengguna mengecek jadwal bus hingga pembelian tiket melalui genggaman telepon pintar.

Ke depannya Damri Apps akan segera hadir untuk pengguna iOS. Selain itu, tiket Damri juga dapat dibeli melalui saluran agen perjalanan digital seperti Redbus dan Traveloka.

Dengan sistem perlindungan pembayaran 100% aman, Damri memperhatikan keamanan transaksi dengan menggunakan RapidSSL untuk mengamankan jaringan dan melindungi akses pelanggan dari pihak yang tidak berkepentingan yang dapat dilakukan melalui beragam pilihan metode pembayaran, seperti pkartu debit atau kartu kredit, Link Aja, GoPay, OVO, DANA, virtual account maupun transfer bank.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan

Editor: Rosmayanti


Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Sumber: wartaekonomi

Damri Tingkatkan Layanan Digital Lewat Fleet Management System

Damri Tingkatkan Layanan Digital Lewat Fleet Management System

Damri Tingkatkan Layanan Digital Lewat Fleet Management System

Damri Tingkatkan Layanan Digital Lewat Fleet Management System

Damri Tingkatkan Layanan Digital Lewat Fleet Management System

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya