0
Thumbs Up
Thumbs Down

Di Balik Keindahan Danau Tahai, Kedalamannya Masih Jadi Misteri

genpi
genpi - Sat, 31 Jul 2021 23:58
Dilihat: 39

GenPI.co - Provinsi Kalimantan dikenal memiliki wisata alam bernama Danau Tahai yang menawarkan keindahan tiada duanya.

Danau Tahai terletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kotamadya Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Danau ini memiliki beberapa keistimewaan tersendiri daripada danau-danau lainnya di daerah Kalimantan.

Keistimewaan tersebut adalah danau ini memiliki warna air yang berbeda yakni berwarna merah.

Berdasarkan informasi yang berkembang, warna merah tersebut terbentuk karena airnya berasal dari air tanah gambut dan akar-akar pohon di lahan gambut tersebut.

Keistimewaan lainnya adalah pemandangan di sekitar danau yang sangat memukau karena para wisatawan dapat menyaksikan pemandangan yang unik, yakni pemandangan rumah-rumah terapung yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan rumah lanting.

Di Danau Tahai ini juga terdapat jembatan kayu yang mengelilingi kawasan danau dan juga menghubunggkan danau ke kawasan hutan, sehingga bagi pengunjung dijamin akan terhipnotis dengan keindahan wisata tersebut.

Memasuki kawasan hutan, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, udara yang sejuk dan dilengkapi dengan suara-suara merdu dari kicauan burung.

Tak hanya itu saja, jika beruntung, pengunjung dapat bertemu dengan Uwak-Uwak, yaitu salah satu jenis kera yang hanya terdapat di kawasan hutan tersebut dan dilindungi oleh pemerintah karena populasinya yang hampir punah.

Objek wisata ini juga telah disediakan beberapa gazebo di area jembatan tersebut yang dapat digunakan untuk duduk-duduk sekadar melepas lelah setelah berkeliling di lokasi itu.

Di danau ini juga disediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan atau disewa, seperti sepeda angsa, perahu dayung, tempat karaoke, rumah makan, musholla, lahan parkir yang memadai dilengkapi pos keamanan dan bagi para pengunjung yang ingin menginap.

Di lokasi objek wisata ini juga terdapat penginapan berupa rumah dengan kisaran harga mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 200.000 per malam.

Sementara, untuk masuk ke lokasi wisata Danau Tahai cukup hanya membeli tiket seharga Rp 5.000 saja. Selain itu ada biaya pakir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Untuk jam buka dari tempat wisata satu ini adalah mulai pukul 6 pagi dan akan tutup pada jam 4 sore. Sehingga alangkah lebih baik jika Anda dari pagi telah datang untuk menikmati keindahan dari Danau Tahai ini.

Perlu diketahui juga walaupun ini wisata danau, Anda tidak disarankan untuk berenang atau menginjak danau secara langsung. Sebab dasar danau adalah lahan gambut yang berstruktur empuk sehingga bisa terperosok ke dalam yang tidak diketahui seberapa kedalaman di danau tersebut.

Untuk lokasi danau ini terbilang sedikit agak masuk ke dalam, tepatnya sekitar 3 km dari pinggir jalan raya.

Namun, pengunjung tidak perlu cemas, karena untuk menuju ke lokasi bisa aksesnya sudah cukup mudah.

Pengunjung yang ingin datang bisa menggunakan kendaraan umum berupa bis jurusan Palangka Raya tujuan Sampit turun di Desa Tahai kemudian berjalan kaki menuju lokasi Danau Tahai.

Selain angkutan umum, pengunjung juga dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Aksesnya terbilang sangat mudah karena jalan menuju objek wisata ini sudah beraspal dan cukup bagus. Happy traveling.(*)

Video seru hari ini:

Sumber: genpi

Di Balik Keindahan Danau Tahai, Kedalamannya Masih Jadi Misteri

Di Balik Keindahan Danau Tahai, Kedalamannya Masih Jadi Misteri

Di Balik Keindahan Danau Tahai, Kedalamannya Masih Jadi Misteri

Di Balik Keindahan Danau Tahai, Kedalamannya Masih Jadi Misteri

Di Balik Keindahan Danau Tahai, Kedalamannya Masih Jadi Misteri

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya