0
Thumbs Up
Thumbs Down

Di Masa Jaya Sebagai Atlet, Ferdinand Putuskan Jadi Mualaf

Republika Online
Republika Online - Sun, 07 Jun 2020 05:47
Dilihat: 41
Di Masa Jaya Sebagai Atlet, Ferdinand Putuskan Jadi Mualaf

JAKARTA -- Ferdinand Lewis Alcindor atau lebih dikenal sebagai Lew Alcindor pada masa jayanya, mengenang kembali alasan mengapa ia masuk Islam. Menurutnya, perubahan nama itu bukan hanya 'pergantian merek', tapi jauh melampaui transformasi hati, pikiran dan jiwa.

"Saya lahir sebagai Ferdinand Lewis Alcindor, Jr. Lew Alcindor. Sekarang saya Kareem Abdul-Jabbar, sebuah manifestasi dari sejarah, budaya, dan kepercayaan saya di Afrika," ujar mantan bintang La Lakers itu.

Sebagai selebriti dan bintang olah raga pada masanya, ia ingat betul banyak yang menentang keputusan rohaniahnya. Terlebih sambungnya, di Amerika, agama Islam dianggap sebagai agama yang tak sejalan dengan budaya dan sosial.

"Saya tahu itu, tapi, setelah menjadi Muslim sejak lebih dari 40 tahun lalu, saya memutuskan masih membela pilihan saya," tambah dia.

Mengutip Al Jazeera, Sabtu (6/6) dia mencontohkan kesulitan hidup di masa kuliahnya sebagai masa awal mengenal Islam. Terlebih, ketika masih sulitnya kulit hitam di Amerika mendapat pengakuan pada medio 1960-an. Bahkan, ketika terjadi kerusuhan ras di Detroit yang sempat menewaskan 43 orang dan ribuan orang luka lainnya.

Namun dia sadar, sebagai Lew Alcindor yang disemangati oleh komunitasnya, ia telah menjadi apa yang diharapkan untuk menjadi contoh kesetaraan. Sebagai lelaki dengan tinggi lebih dari dua meter, ia juga