0
Thumbs Up
Thumbs Down

Digitalisasi Zakat Dukung Aktivitas Perzakatan

Republika Online
Republika Online - Wed, 06 Nov 2019 22:30
Dilihat: 27
Digitalisasi Zakat Dukung Aktivitas Perzakatan

BANDUNG -- Di tengah perkembangan zaman, dunia perzakatan pun dituntut untuk terus melakukan inovasi. Saat ini sejumlah lembaga zakat turut menyediakan layanan lewat digital, namun digitalisasi ini dapat menelan biaya yang tinggi jika tidak penerapannya tidak tepat sasaran.

"Kita tahu teknologi ini bisa jadi mahal ketika penerapannya tidak tepat. Ketika kita berhasil menerapkan teknologi digitalisasi, kita bisa dapat saving operasional yang cukup banyak dari sisi operasional, sehingga dana yang disalurkan kepada masyarakat jauh lebih besar," kata Managing Director DD Tekno (Bagian dari Dompet Dhuafa), Prima Hadi Putra di Bandung, Rabu (6/11).

Prima mengatakan, bagi lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa, dan yang tergabung dalam World Zakat Forum (WZF) mereka memiliki dana yang terbatas untuk operasional. Untuk itu mereka harus dapat mengambil langkah yang tepat, agar digitalisasi zakat tidak sampai menelan biaya tinggi, dan mengorbankan dana yang akan diserahkan kepada mustahik.

Digitalisasi zakat, yang disebut sebagai agenda transformasi digital, merupakan upaya menyeluruh lembaga untuk mengadopsi teknologi terbaru yang mendukung aktivitas perzakatan. Digitalisasi dapat membantu proses operasi, bisnis dari proses penghimpunan, pencatatan dan penyaluran zakat.

"Dompet Dhuafa mulai dari 2004 prosesnya, proses yang tadinya menggunakan kertas jadi paperless, juga kembangkan layanan customer relationship management untuk layanan manajemen relasi donatur sampai akhirnya kita menggunakan aplikasi, yang intinya memudahkan masyarakat," ucap Prima.

Di samping itu, Dompet Dhuafa meluncurkan platform layanan digital Mumu (Membangun Ummat Menguatkan Ukhuwah), yang memudahkan masyarakat untuk melakukan donasi di Bandung, pada Rabu.

Aplikasi ini mempertemukan Muzaki dan Mustahik, mereka yang memberi bantuan dapat melihat dan memilih langsung mustahik yang ingin dibantu. Platform berbasis aplikasi android ini untuk memudahkan masyarakat berdonasi, bertransaksi, dan aksesibilitas keuangan inklusi. Para muzaki dapat membayar, zakat, infak, sedekah dan wakaf melalui aplikasi ini.

"Mumu adalah platform layanan digital dengan konsep semua kebutuhan dalam genggaman," ungkap Chief Communication Officer (CCO) Dompet Dhuafa, Guntur Subagja.


Berita Terkait
  • WZF akan Optimalkan Digitalisasi Zakat
  • World Zakat Forum 2019 Lahirkan Tujuh Resolusi
  • Malaysia Didaulat Jadi Tuan Rumah Konferensi ke-9 WZF
Berita Lainnya
  • Viola Davis Ikut Tanggapi Martin Scorsese
  • Dompet Dhuafa Ajak Sumbang Sepatu Layak Pakai di EJM 2019

Digitalisasi Zakat Dukung Aktivitas Perzakatan

Digitalisasi Zakat Dukung Aktivitas Perzakatan

Digitalisasi Zakat Dukung Aktivitas Perzakatan

Digitalisasi Zakat Dukung Aktivitas Perzakatan

Digitalisasi Zakat Dukung Aktivitas Perzakatan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya