0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dilengkapi Transportasi Publik, Kawasan Ini Akan Menjadi TOD Center

Rumah
Rumah - Wed, 21 Oct 2020 14:16
Dilihat: 45
Dilengkapi Transportasi Publik, Kawasan Ini Akan Menjadi TOD Center

- Pengembangan kawasan township terus melengkapi wilayahnya salah satunya dengan transportasi publik masal seperti yang diterapkan di Kota Jababeka. Township Jababeka terus melengkapi kawasannya dengan berbagai sarana transportasi umum untuk menjadikannya sebagai TOD Center.

Kawasan industri Jawa Barat Bekasi Cikarang (Jababeka) makin melengkapi kawasannya bukan hanya industri dan komersial tapi juga sarana residensial lainnya. Pemerintah tengah mendorong sebuah konsep hunian yang terintegrasi dengan sarana transportasi dan berbagai kelengkapan lainnya dan Jababeka terus mengarah untuk menjadi sebuah konsep transit oriented development (TOD) tersebut.

Untuk menunjang kawasan TOD-nya, akhir pekan lalu telah diluncurkan Jabodetabek Residence Connection (JR Conn) di Kota Jababeka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. JR Conn merupakan sarana transportasi umum masal berbasis bus point to point yang didorong oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan sejak tahun 2017 untuk dikembangkan para developer sebagai alternatif angkutan umum masal di semua kawasan pengembangan Jabodetabek.

Konsep JR Conn yang mendekati pemukiman diharapkan akan mendorong warga pemukiman untuk beralih menggunakan angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi. Jababeka sebagai sebuah kawasan yang dikonsep sebagai kota baru (township) mendukung kebijakan tersebut melalui kerja sama dengan sejumlah operator bus ternama seperti PPD dan Sinarjaya.

Menurut President Director Jababeka Residence Sutedja S. Darmono, pihaknya sangat menyambut positif hadirnya JR Conn di tengah Kota Jababeka dan akan terus menjalin kerja sama dan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan maupun Pemerintah Daerah Bekasi untuk terus meningkatkan mutu layanan transportasi publik.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

"Kehadiran JR Conn ini menjadi langkah awal nyata dari Jababeka untuk mewujudkan pengembangan kota berbasis TOD yang mengedepakan pemanfaatan kawasan transit transportasi publik secara optimal. Hal ini bukan kebetulan tapi memang telah kami siapkan dengan proses kerja keras, analisisi, inovasi, dan kreativitas untuk menyelaraskan dengan program pemerintah," ujarnya.

Layanan JR Conn ini akan makin melengkapi layanan angkutan umum masal berbasis bus lainnya yang sebelumnya sudah ada di Kota Jababeka yaitu Jabodetabek Airport (JA) Conn dengan operator Perum Damri serta layanan shuttle Bus Jababeka-Bandung dengan operator PT Primajasa.

Adapun JR Conn dengan bus PPD akan melayani perjalanan dari Hollywood Junction Jababeka-Blok M dan Hollywood Junction Jababeka-Jakarta Kota. Sementara JR Conn dengan Bus SInarjaya memiliki rute Hollywood Junction Jababeka-Mangga Dua-Ancol. JR Conn ini juga menyediakan fasilitas bagasi untuk membawa sepeda lipat, free Wifi, dan charging dock di setiap kursinya.

"Dengan konsep TOD ini ke depannya Kota Jababeka akan menjadi TOD Center bagi koridor timur Jakarta dann sekitarnya yang akan membuat mobilitas masyarakat maupun barang dan jasa akan semakin lancar dan mudah. Hal ini tentunya akan terus meningkatkan daya saing dan mendorong laju pertumbuhan," beber Sutedja.

Kota Jababeka sendiri merupakan salah satu kawasan strategis nasional (KSN) yang ditetapkan oleh pemerintah. Dikembangkan sejak 31 tahun lalu, kawasan Jababeka memiliki prioritas dalam pengembangan tata ruang dan memiliki pengaruh yang penting di bidang ekonomi. Berbagai infratruktur juga terus dilengkapi untuk kemudahan akses seperti jalan tol layang, tol JORR 2, commuter line, Patimban Seaport, Bandara Kertajati, kereta cepat Jakarta-Bandung, dan sebagainya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar PropertidanPanduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Dilengkapi Transportasi Publik, Kawasan Ini Akan Menjadi TOD Center

Dilengkapi Transportasi Publik, Kawasan Ini Akan Menjadi TOD Center

Dilengkapi Transportasi Publik, Kawasan Ini Akan Menjadi TOD Center

Dilengkapi Transportasi Publik, Kawasan Ini Akan Menjadi TOD Center

Dilengkapi Transportasi Publik, Kawasan Ini Akan Menjadi TOD Center

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya