0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dinosaurus Besar Miliki Nenek Moyang Reptil Berukuran Kecil?

Republika Online
Republika Online - Wed, 08 Jul 2020 05:50
Dilihat: 53
Dinosaurus Besar Miliki Nenek Moyang Reptil Berukuran Kecil?

WASHINGTON -- Ilmuwan menemukan riset baru mengenai hewan purba dinosaurus. Ilmuwan menduga, dinosaurus dan pterosaurus yang berukuran besar memiliki nenek moyang reptil pemakanan serangga yang berukuran kecil dari Madagaskar. Reptil itu disebut Kongonaphon kely.

Kongonaphon kely merupakan cikal bakal dan kerabat dekat kedua kelompok itu. Para ilmuwan menggambarkan fosil-fosil Kongonaphon kely sebagai makhluk dari Zaman Trias yang berukuran sekitar 40 sentimeter dan tinggi 10 sentimeter.

Makhluk itu mendiami wilayah dataran banjir yang sekarang menjadi Madagaskar barat daya sekitar 237 juta tahun yang lalu. Kongonaphon adalah predator berkaki panjang yang mungkin bipedal.

Bentuk giginya kecil, berbentuk kerucut dan tidak bergradasi. Pemeriksaan microwear menunjukkan Kongonaphon memakan serangga atau invertebrata kecil lainnya. Nama ilmiah Kongonaphon sendiri memiliki makna pembunuh serangga kecil.

Makhluk itu adalah anggota kelompok yang disebut Ornithodira yang mencakup garis keturunan evolusi yang mengarah ke dinosaurus dan pterosaurus. Bagian dari kumpulan yang lebih besar disebut archosaurus, yang juga termasuk garis keturunan buaya.

"Berdasarkan analisis statistik ukuran tubuh, kami berpendapat dinosaurus dan pterosaurus berevolusi dari leluhur mini," kata ahli paleontology Museum Ilmu Pengetahuan Carolina Utara, Christian Kammerer, seperti yang dilansir dari Reuters, Selasa (7/7).

Kammerer juga merupakan penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

"Evolusi Gigantisme dari nenek moyang kecil bukan tidak biasa dalam catatan fosil," tambah rekan penulis penelitian dan ahli paleontologi John Flynn of the American Museum of Natural History itu di New York.

Dinosaurus dan pterosaurus pertama kali muncul sekitar 230 juta tahun yang lalu. Dinosaurus awal Herrerasaurus memiliki panjang sekitar 20 kaki (enam meter). Eudimorphodon pterosaurus awal berukuran sebesar merpati.

Kedua kelompok akhirnya mencapai proporsi yang sangat besar. Pterosaurus Quetzalcoatlus memiliki lebar sayap sekitar 35 kaki (10,5 meter), mirip dengan pesawat tempur F-16. Panjangnya Dinosaurus Argentinosaurus mencapai sekitar 115 kaki (35 meter).

Kammerer mengatakan dalam konteks gigantisme belakangan ini, memiliki binatang seperti Kongonaphon, yang bisa masuk ke tangan manusia tampaknya hampir paradoks.


"Namun, itu cocok dengan pola yang lebih luas yang kami amati saat ini. Ada tren berkelanjutan menuju ukuran tubuh dewasa yang lebih kecil dalam sejarah awal garis keturunan ini. Ini tidak hanya didasarkan pada Kongonaphon, tetapi juga pada serangkaian reptil bertubuh kecil di dekat keturunan umum dinosaurus dan garis keturunan pterosaurus," kata Kammerer.

Berita Terkait
  • Riset Baru Ungkap Penyebab Kepunahan Dinosaurus
  • Jejak Kaki Dinosaurus Raksasa Ditemukan di Quensland
  • Bor Dasar Laut, Ilmuwan Selidiki Akhir Keberadaan Dinosaurus
Berita Lainnya
  • Soal Boikot Unilever, Sekjen MUI: LGBT Dikutuk Tuhan!
  • Perumpamaan Takwa dari Sayyidina Umar bin Khattab

Dinosaurus Besar Miliki Nenek Moyang Reptil Berukuran Kecil?

Dinosaurus Besar Miliki Nenek Moyang Reptil Berukuran Kecil?

Dinosaurus Besar Miliki Nenek Moyang Reptil Berukuran Kecil?

Dinosaurus Besar Miliki Nenek Moyang Reptil Berukuran Kecil?

Dinosaurus Besar Miliki Nenek Moyang Reptil Berukuran Kecil?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya