0
Thumbs Up
Thumbs Down

Doa, Usaha, dan Sabar Saat Bencana

Republika Online
Republika Online - Wed, 20 Jan 2021 18:10
Dilihat: 57
Doa, Usaha, dan Sabar Saat Bencana

JAKARTA -- Wakil Ketua Umum PBNU, KH Maksum Machfoedz mengatakan, muhasabah nasional perlu dilakukan sebagai pengingat dan renungan bagi seluruh warga Indonesia atas segala musibah dan bencana yang belakangan ini membombardir tanah air.

"Ini secara kolektif dapat menjadi wadah untuk saling mengingatkan dan saling peduli. Cobaan ini adalah kehendak Ilahi dan harus kita yakini bahwa pasti ada hikmah dan solusi dibaliknya," ujarnya saat dihubungi Republika, Rabu (20/1).

"Intinya, (muhasabah) harus diisi dengan ikhtiyar-bersabar-berdoa secara bersama-sama," sambung Guru Besar Universitas Gadjah Mada itu.

Mantan Ketua PWNU DIY itu juga mengingatkan seluruh masyrakat untuk tidak saling salah-menyalahkan atau menyangkut-pautkan cobaan ini dengan kepentingan lain. Jangan lagi saling menolak dan menyalahkan, apalagi mengaitkan dengan kepentingan politik, pro-kontra vaksinasi, atau pro-kontra lainnya, ujarnya.

"Bangsa ini sudah diberi Tuhan pelajaran begitu Indah ya, tetapi kok ya tidak mau belajar dan malah meresponnya dengan syahwat politik dan jangka pendek," ujar lulusan University of the Philippines at Los Banos (UPBL), Filipina ini.

"Yang perlu dilakukan adalah ikhtiyar-bersabar-berdoa, dan kepedulian bersama untuk menanggulangi bencana dan cobaan ini," pungkasnya.

Ketua Bidang Dakwah dan Masjid PBNU KH Manan Ghani menyetujui usulan tersebut. Dia menyarankan agar muhasabah tersebut dapat diisi dengan pelaksaan sholat, zikir, doa dan mau'zhoh hasanah guna mengingatkan seluruh bangsa untuk bersatu dan saling tolong menolong dalam menghadapi ujian ini.

"Iya perlu, bisa diisi dengan sholat, zikir, doa dan mau'zhoh hasanah sekaligus sebagai pengingat bagi seluruh bangsa untuk saling kuat-menguatkan," ujarnya saat dihubungi Republika, Rabu (20/1).

Dia juga berharap, dari pelaksanaan muhasabah ini, masyarakat Indonesia dapat tetap tegar dan sabar dalam menghadapi segala cobaan. "Semoga Indonesia dapat menjadi bangsa adil makmur dan diridloi Allah SAW," ujarnya.


Berita Terkait
  • Bantu Atasi Bencana, Tim Relawan Jateng Bertolak ke Sulbar
  • Renungan di Masa Bencana
  • 136 Bencana Terjadi Sejak Januari, Banjir Paling Banyak
Berita Lainnya
  • KRI Teluk Cirebon-543 Bawa 150 Ton Bantuan ke Sulbar
  • Angka Positif Covid-19 di Lampung Terus Meningkat

Doa, Usaha, dan Sabar Saat Bencana

Doa, Usaha, dan Sabar Saat Bencana

Doa, Usaha, dan Sabar Saat Bencana

Doa, Usaha, dan Sabar Saat Bencana

Doa, Usaha, dan Sabar Saat Bencana

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya