0
Thumbs Up
Thumbs Down

DPR: Pemerintah Perlu Buat Protokol Kesehatan Lebih Detail

Republika Online
Republika Online - Mon, 25 May 2020 10:56
Dilihat: 41
DPR: Pemerintah Perlu Buat Protokol Kesehatan Lebih Detail

JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena mengatakan, pemerintah perlu segera membuat protokol kesehatan yang lebih detail. Selain itu, pemerintah juga diminta melakukan upaya untuk meningkatkan kepatuhan warga untuk menjalankan protokol yang dibuat, selama Virus Corona jenis baru (Covid-19) belum dapat dikendalikan.

"Selain catatan dari WHO untuk melakukan relaksasi kebijakan pengendalian Covid-19, hal penting lain yang juga perlu mendapat perhatian pemerintah adalah terkait pembuatan protokol kesehatan yang lebih detail, dan tingkat kepatuhan warga untuk menjalankan protokol yang dibuat," kata Melki Laka Lena, Senin, (25/5).

Melku mengemukakan hal itu, berkaitan dengan catatan WHO dan para ahli virus di dunia dan Indonesia bahwa virus Covid-19 belum bisa dikendalikan dan agar masyarakat bisa hidup berdamai dengan Covid-19 agar aktivitas kehidupan bisa berjalan seperti biasa. Menurutnya, perlu pembuatan protokol untuk mengatur semua aktivitas kehidupan di tengah masyarakat, seperti pendidikan dan aktivitas ekonomi, transportasi dan beribadah.

"Bagaimana protokol kesehatan di dunia pendidikan dari PAUD sampai kampus, tempat kerja, baik kantor atau pabrik atau di tengah masyarakat, transportasi darat laut udara, bagaimana beribadah, di mall atau pasar dan aktivitas lainnya," katanya.

Protokol ini harus dibuat secara detail dan jelas, dan dikampanyekan para tokoh masyarakat menggunakan berbagai media elektronik, cetak, online secara masif kepada seluruh lapisan masyarakat. Ketua DPD Partai Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT) itu mengatakan, kepatuhan masyarakat terhadap protokol yang dibuat dibangun secara ketat dan disiplin.

"Masyarakat dipandu untuk mengikuti protokol kesehatan yang detail dan jelas. Harus tegas dan disiplin, sehingga aturan baru berbagai aspek kehidupan bisa berjalan, sekaligus bisa mencegah penularan Covid-19 saat warga beraktivitas," katanya menjelaskan.

Mengenai pengawasan, dia mengatakan, pelaksanaan dan evaluasi protokol kesehatan di berbagai aspek dapat dilakukan monitoring secara ketat. "Dengan evaluasi dan penyesuaian secara terus menerus, niscaya membantu cara pandang dan perilaku masyarakat untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 seperti penyakit lain TBC, DBD, Malaria, HIV AIDS," kata anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar asal daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) 2 itu.


Berita Terkait
  • Kiat Elcorps Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19
  • Gubernur Sumsel Minta Penegakan PSBB Tetap Utamakan Etika
  • Ajaibnya Lebaran di Kelurahan dengan Covid-19 Tertinggi
Berita Lainnya
  • Paket Sembako dari UI untuk Penggali Makam Covid-19
  • KoinWorks Terima Pendanaan 10 Juta Dolar AS

DPR: Pemerintah Perlu Buat Protokol Kesehatan Lebih Detail

DPR: Pemerintah Perlu Buat Protokol Kesehatan Lebih Detail

DPR: Pemerintah Perlu Buat Protokol Kesehatan Lebih Detail

DPR: Pemerintah Perlu Buat Protokol Kesehatan Lebih Detail

DPR: Pemerintah Perlu Buat Protokol Kesehatan Lebih Detail

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya