0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dua Investor Otomotif Siapkan Dana Rp 50 Triliun

Nusabali
Nusabali - Fri, 19 Jul 2019 10:54
Dilihat: 36
Dua Investor Otomotif Siapkan Dana Rp 50 TriliunTANGERANG,
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyebut telah ada dua industri otomotif dunia yang siap berinvestasi hingga Rp50 triliun dalam jangka pendek ini. "Target investasi (otomotif) ke depan dalam jangka pendek Rp50 triliun, sudah ada komitmen dari dua industri otomotif," kata Menperin pada sambutan pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Kamis (18/7).

Ia mengatakan satu industri otomotif sudah berkomitmen untuk menjadikan Indonesia basis produksi, dengan 50 persen untuk pasar ekspor. "Juga sudah ada dengan investasi dua miliar dolar AS untuk membangun basis produksi mobil listrik," kata Menperin.

Ia juga menyebut pihaknya sudah berbicara dengan industri berbasis industri baterai untuk investasi di Indonesia yang memiliki bahan baku untuk industri pendukung kendaraan listrik itu. Dengan demikian, Menperin optimistis kelak kedalaman struktur industri mobil listrik di Indonesia lebih kuat untuk mendukung pencapaian target ekspor otomotif satu juta unit mobil pada 2025. "Saya berharap ada launching roadmap untuk target ekspor satu juta unit mobil pada 2025 yang 20 persen di antaranya mobil listrik," kata Menperin.

Apalagi, kata dia, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan tax holiday & super deductable tax yang besarannya bisa mencapai 30 persen.

"Tentu ini akan menarik untuk industri yang berbasis inovasi," ujar Menperin. Satu dari dua industri otomotif yang sebelumnya menyatakan komitmen menambah investasi hingga Rp28 triliun di Indonesia adalah Toyota yang di Indonesia gencar memperkenalkan mobil dengan teknologi hibrid.

Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla yang membuka pameran otomotif berskala internasional di ICE BSD Tangerang, mengatakan industri otomotif di Indonesia akan terus mendapat dukungan dari pemerintah karena industri tersebut memiliki efek berganda.

"Pemerintah mendukung industri mobil ini dengan infrastruktur yang berkembang, baik sistem jalannya dan juga logistiknya. Punya multiplier effect yang luas, punya ratusan vendor yang berkembang satu sama lainnya," kata Wapres.

GIIAS diselenggarakan di ICE BSD Tangerang, Banten, pada 18-28 Juli 2019, yang diikuti ratusan merek otomotif dan berlangsung secara serentak di Surabaya, Makassar, dan Medan.*ant
Sumber: Nusabali

Dua Investor Otomotif Siapkan Dana Rp 50 Triliun

Dua Investor Otomotif Siapkan Dana Rp 50 Triliun

Dua Investor Otomotif Siapkan Dana Rp 50 Triliun

Dua Investor Otomotif Siapkan Dana Rp 50 Triliun

Dua Investor Otomotif Siapkan Dana Rp 50 Triliun

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya