0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dukung #DiRumahAja, BMW Astra Datangi Pelanggan

Nusabali
Nusabali - Thu, 09 Apr 2020 13:53
Dilihat: 25
Dukung #DiRumahAja, BMW Astra Datangi PelangganJAKARTA,
Industri otomotif menjadi salah satu sektor terdampak pandemi Covid-19. Kendati tak separah sektor pariwisata, khususnya perhotelan, namun terganggunya industri otomotif juga memberikan dampak terhadap perekonomian nasional. "Industri otomotif memiliki kontribusi signifikan terhadap PDB khususnya terhadap PDB nonmigas sebesar 3,98 persen pada tahun 2019," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika.

Tak mau membuat ekonomi kian terpuruk, sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) masih mengoperasikan pabrik dengan protokol yang sudah ditentukan oleh Kemenperin. Sedangkan dealer yang menjadi ujung tombak penjualan, juga merasakan 'sepi' menyusul arahan dari pemerintah untuk physical distancing dan tetap di rumah saja. "Pada kondisi saat ini tentu kami prihatin, dan meminta masyarakat untuk tetap di rumah supaya kita bersama dapat secepat mungkin melewati kondisi ini," kata Teguh Widodo, Operation Manager BMW Astra, dalam rilis yang diterima di Denpasar, Kamis (9/4).

Di sisi lain diakui bahwa sebagian masyarakat ada yang tetap ingin membeli mobil baru atau merawat mobilnya. "Untuk itu kami sediakan semuanya di rumah pelanggan. Jadi pelanggan bisa tetap di rumah, kami yang membawa mobil test drive, show unit hingga servis di rumah," kata Teguh memberi solusi.

Pada masa keprihatinan di bulan April ini pun, sejumlah promo diberikan oleh BMW Astra agar ekonomi masih bisa berputar. "Ya, khusus bulan April kami berikan gratis bahan bakar senilai hingga Rp20 juta dan extended warranty hingga 2 tahun," tegas Teguh.

Sebelumnya Kemenperin mengonfirmasikan bahwa industri otomotif nasional menjadi salah satu industri yang sangat terdampak dari mewabahnya virus corona baru atau Covid-19 di Indonesia, di mana permintaan kendaraan bermotor mengalami penurunan. "Jumlah penjualan kendaraan roda empat atau lebih pada bulan Januari 2020 sebesar 80.400 unit atau turun sebesar 1,1 persen dari periode sebelumnya, kemudian bulan Februari 2020 sebesar 79.500 unit atau turun sebesar 3,1 persen dari periode sebelumnya," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Rabu (8/4).

Bahkan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah menyampaikan koreksi target penjualan pada 2020, yang diperkirakan mengalami kontraksi sebesar 50 persen akibat menurunnya permintaan dari dalam negeri dan luar negeri. Di samping itu, masalah lainnya yang dihadapi industri otomotif nasional adalah pasokan bahan baku dan komponen terutama dari negara-negara yang menerapkan kebijakan lockdown.*mao
Sumber: Nusabali

Dukung #DiRumahAja, BMW Astra Datangi Pelanggan

Dukung #DiRumahAja, BMW Astra Datangi Pelanggan

Dukung #DiRumahAja, BMW Astra Datangi Pelanggan

Dukung #DiRumahAja, BMW Astra Datangi Pelanggan

Dukung #DiRumahAja, BMW Astra Datangi Pelanggan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya