0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ekonomi China Mulai Pulih, Harga Komoditi Tambang Naik

okezone
okezone - Mon, 01 Jun 2020 18:22
Dilihat: 43
Ekonomi China Mulai Pulih, Harga Komoditi Tambang Naik

JAKARTA - Harga beberapa komoditi produk pertambangan mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan kondisi di negara utama tujuan ekspor di antaranya Tiongkok yang sudah mulai pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Kondisi ini mempengaruhi harga penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) untuk periode Juni 2020. Ketentuan ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 56Tahun 2020, tanggal 27 Mei 2020.

Baca Juga: Kontraktor Pertambangan Diminta Siapkan Dana Cadangan Selama Eksplorasi

"HPE produk pertambangan periode Juni 2020 mengalami fluktuasi di antaranya komoditas konsentrat tembaga, konsentrat mangan, konsentrat besi dan konsentrat seng mengalami kenaikan dibandingkan periode bulan lalu dikarenakan kondisi di negara Tiongkok yang sudah mulai pemulihan pasca pandemi COVID-19. Sementara,untuk komoditas konsentrat timbal, konsentrat ilmenite, konsentrat rutil dan bauksit masih mengalami penurunan dikarenakan permintaan terhadap produk tersebut belum sepenuhnya normal," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana dilansir dari laman Kemendag, Senin (1/6/2020).

Sejumlah produk pertambangan yang dikenakan BK adalah konsentrat tembaga, konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat timbal, konsentrat seng, konsentrat ilmenit, konsentrat rutil,dan bauksit yang telah dilakukan pencucian. Perhitungan harga dasar HPE untuk komoditas konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenit, dan konsentrat rutil bersumber dari Asian Metaldan Iron Ore Fine Australian.

Baca Juga: Kementerian ESDM Atur Tata Niaga Penjualan Mineral dan Batu Bara

Sedangkan konsentrat tembaga, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, dan bauksit bersumber dari London Metal Exchange (LME).Dibandingkan periode sebelumnya, produk pertambangan yang mengalami kenaikan harga rata-rata pada periode bulan Juni2020 adalah konsentrat tembaga (Cu 15%) dengan harga rata-rata USD 2.380,49/WE atau naiksebesar 5,30%, konsentrat besi (hematit, magnetit) (Fe 62% dan 1% TiO2) dengan harga rata-rata USD 72,13/WE atau naiksebesar 1,85%, konsentrat besi laterit (gutit, hematit, magnetit) dengan kadar (Fe 50% dan (Al2O3+ SiO2) 10%) dengan harga rata-rata USD 36,86/WE atau naik sebesar 1,85%, konsentrat mangan (Mn 49%) dengan harga rata-rata USD 248,64/WE atau naik sebesar 20,95%, konsentrat seng (Zn 51%) dengan harga rata-rata USD 460,78/WE atau naik sebesar 3,65%, dan konsentrat pasir besi (lamela magnetit-ilmenit) (Fe 56%) dengan harga rata-rata USD 43,07/WE atau naiksebesar 1,85%.


Sedangkan produk yang mengalami penurunan dibandingkan HPE periode sebelumnya adalah konsentrat timbal (Pb 56%) dengan harga rata-rata USD 664,40/WE atau turun sebesar 3,10%,konsentrat ilmenit (TiO2 45%) dengan harga rata-rata USD265,04/WE atau turun sebesar 5,32%, konsentrat rutil (TiO2 90%) dengan harga rata-rata USD 939,48/WE atau turun sebesar 3,29% dan Bauksit yang telah dilakukan pencucian (washed bauxite) (Al2O3 42%) dengan harga rata-rata USD 19,60/WE atau turun sebesar 2,05%.Sementara itu,pellet konsentrat pasir besi (lamela magnetit-ilmenit)(Fe 54)dengan harga rata-rata USD 117,98/WE tidak mengalami perubahan.Menurut Wisnu, penetapan HPE periode Juni 2020 ini ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai instansi terkait.

Sumber: okezone

Ekonomi China Mulai Pulih, Harga Komoditi Tambang Naik

Ekonomi China Mulai Pulih, Harga Komoditi Tambang Naik

Ekonomi China Mulai Pulih, Harga Komoditi Tambang Naik

Ekonomi China Mulai Pulih, Harga Komoditi Tambang Naik

Ekonomi China Mulai Pulih, Harga Komoditi Tambang Naik

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya