0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ekonomi RI Mau Bangkit? Selesaikan Dulu Pandeminya

okezone
okezone - Thu, 22 Oct 2020 19:24
Dilihat: 32
Ekonomi RI Mau Bangkit? Selesaikan Dulu Pandeminya

JAKARTA - Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin buka-bukaan terkait syarat ekonomi bisa pulih kembali akibat dampak pandemi covid-19. Syarat atau kunci pertama adalah fokus pada sektor kesehatan, mengingat krisis yang terjadi akibat virus.

Oleh karena itu lanjut Budi, salah satu syaratnya adalah bagaimana menekan angka penyebaran virus corona (covid-19). Karena, jika kesehatan tidak pulih, maka akan sangat sulit bagi sektor ekonomi untuk rebound.

Baca juga: Sri Mulyani Marah Pemulihan Ekonomi di Daerah Lambat

"Krisis ini penyebabnya berbeda karena disebabkan kesehatan. Sehingga respon kebijakan, siapa yang harus memimpin sebenarnya adalah teman-teman di sektor kesehatan. Kalau kesehatannya enggak pulih, akan sangat sulit ekonomi bisa bangkit," ujarnya dalam acara diskusi virtual, Kamis (22/10/2020).

Menurut Budi, pandemi covid-19 memang sangat berpengaruh pada sektor perekonomian. Karena, pandemi ini membuat pemerintah terpaksa mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Indonesia Resmi Resesi, Luhut Bocorkan Ekonomi Kuartal III Minus 2,9%

Tujuannya adalah untuk membatasi kegiatan masyarakat untuk menekan angka penyebaran virus corona. Yang sangat disayangkan, hampir sebagian sektor penunjang perekonomian Indonesia sebagian besar masih ditentukan dengan kontak fisik.

"Sehebat-hebatnya e-commerce atau pasar virtual kita, masih belum bisa mengalahkan aktivitas perputaran ekonomi di pasar basah atau pasar tradisional," jelas Budi.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Tidak Kurangi Semangat Pengusaha

Oleh karena itu lanjut Budi, sangat wajar jika ekonomi berjalan lambat. Karena masyarakat pun masih takut untuk melakukan kontak fisik karena khawatir tertular virus corona.

Oleh karena itu lanjut Budi, yang perlu diperhatikan pertama adalah bagaimana menyelesaikan masalah pandemi. Sehingga semua kebijakan yang dilakukan pemerintah dari segi ekonomi termasuk yang dilakukan Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional bisa berjalan dengan baik.


"Jadi sifatnya saya di sini, saya akui dengan segala kerendahan hati, hanya sebagai pangganjal saja. Kita di ekonomi enggak bisa kembalikan suasana ini. Ini hanya bisa dikembalikan dipimpin oleh temen-teman di sektor kesehatan. Tugas kita mengganjal," ujarnya.

Sumber: okezone

Ekonomi RI Mau Bangkit? Selesaikan Dulu Pandeminya

Ekonomi RI Mau Bangkit? Selesaikan Dulu Pandeminya

Ekonomi RI Mau Bangkit? Selesaikan Dulu Pandeminya

Ekonomi RI Mau Bangkit? Selesaikan Dulu Pandeminya

Ekonomi RI Mau Bangkit? Selesaikan Dulu Pandeminya

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya