0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ekstrak Tomat Bisa Suburkan Tanaman

Republika Online
Republika Online - Thu, 26 Nov 2020 15:02
Dilihat: 81
Ekstrak Tomat Bisa Suburkan Tanaman

SLEMAN -- Sekelompok mahasiswa MPIA UNY meneliti pengaruh pemakaian air kelapa dan ekstrak buah tomat terhadap pertumbuhan tanaman cabai merah. Dari penelitian ini mereka ingin mengetahui keefektifan antara penggunaan air biasa dengan pemakaian air kelapa dan ekstrak buah tomat.

Riset dilakukan oleh Fitri Nur Aini, Afni Nirwana dan Talcha Ainun Rima dari Prodi Pendidikan IPA. Fitri mengatakan, banyak limbah pertanian dan agroindustri yang kurang dimanfaatkan tapi memiliki kandungan gizi tinggi yang mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman.

"Limbah air kelapa mengandung senyawa organik seperti auksin dan sitokinin yang berfungsi dalam perpanjangan sel. Kedua hormon ini penting bagi pertumbuhan dan jumlah daun dalam tanaman," kata Fitri, Kamis (26/11).

Afni menjelaskan, air kelapa mengandung mineral seperti natrium, kalsium, ferum, magnesium, cuprum, fosfor dan sulfur. Selain kaya mineral, juga mengandung gula 1,7-2,6 persen, protein 0,07-0,55 persen dan mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat seperti asam sitrat, asam nikotina, asam pantotenal, asam folat, niacin, riboflavin,
thiamin, hormon auksin dan sitokinin.

Sedangkan, ekstrak tomat mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan sulfur yang banyak manfaat.

"Khususnya, untuk pertumbuhan tanaman seperti metabolisme tanaman, respirasi dan pertumbuhan sel, serta pembentukan enzim," ujar Afni.

Talcha menerangkan, bahan yang digunakan mulai bibit tanaman cabai merah, air kelapa, ekstrak buah tomat, air, dan tanah atau pasir. Langkah awal membuat ekstrak tomat, dan harus buah yang segar dan bebas dari hama yang digunakan.

Tomat dicuci dan dipotong dua untuk menghilangkan bijinya, ditimbang 500 gram dan dihaluskan menggunakan blender. Bungkus dengan kain halus, ditimbang 20 gram lalu ditambah air 80 mililiter, buat menjadi 100 mililiter, saring memakai kain kasa.

"Hasil saringan disebut sebagai larutan stok. Pembuatan media tanam dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti penyiapan media 50 persen pasir dan 50 persen topsoil, dijemur di bawah sinar matahari," kata Talcha.

Pengamatan dilakukan tepat setelah dilakukan penyiraman dengan mengukur perubahan tinggi tanaman dan jumlah helaian daun dari tanaman. Hasil analisis menunjukkan pemberian variasi penyiraman memberi pengaruh terhadap tinggi tanaman cabai.

Perlakuan penyiraman tanaman cabai memakai ekstrak tomat masak menghasilkan tinggi tanaman lebih baik dibanding memakai air kelapa, air biasa atau paduan air kelapa dan ekstrak tomat. Diduga karena komposisi kimiawi seperti vitamin dan karbohidrat.

Tomat masak miliki kandungan lebih banyak dibanding buah tomat yang masih muda. Komposisi kimiawi yang lebih baik diduga mengandung zat pengatur tumbuh seperti auksin yang berfungsi merangsang perpanjangan sel dari daerah titik tumbuh.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    • Menteri Edhy Ditangkap, Mahfud MD: Pemerintah Dukung KPK
    • Ekstrak Tomat Bisa Suburkan Tanaman

    Ekstrak Tomat Bisa Suburkan Tanaman

    Ekstrak Tomat Bisa Suburkan Tanaman

    Ekstrak Tomat Bisa Suburkan Tanaman

    Ekstrak Tomat Bisa Suburkan Tanaman

    Ekstrak Tomat Bisa Suburkan Tanaman

      
    PARTNER KAMI
    JPNN
    genpi
    Republika Online
    LIPUTAN6
    okezone
    BBC
    bintang
    bola
    Antvklik
    rumah123
    Rumah
    Love Indonesia
    CENTROONE
    wartaekonomi
    Voice of America
    Popular
    Gocekan
    Teqnoforia
    Angelsontrip
    Makanyuks
    telsetNews
    BisnisWisata
    Jakarta Kita
    Indonesia Raya News
    RajaMobil
    Mobil123
    Otospirit
    MakeMac
    Indotelko
    Inditourist
    TEKNOSAINS
    MotorExpertz
    Mobil WOW
    Oto
    Kpop Chart
    salamkorea
    slidegossip
    Hotabis
    INFOJAMBI
    Japanese STATION
    pijar
    SeleBuzz
    Cintamobil
    Football5star
    Citra Indonesia
    OTORAI
    Sehatly
    Hetanews
    Inikata
    Nusabali
    Garduoto
    Beritakalimantan
    batampos
    covesia
    carmudi
    idnation
    inipasti
    teknorush
    winnetnews
    mediaapakabar
    carvaganza
    mediakepri
    kabarsurabaya