0
Thumbs Up
Thumbs Down

Fakta Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Sejarah Baru, Investor Mulai Melirik

okezone
okezone - Sun, 16 Feb 2020 12:13
Dilihat: 39
Fakta Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Sejarah Baru, Investor Mulai Melirik

JAKARTA - Pemindahan Ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan akan menjadi sejarah dunia. Pasalnya baru Indonesia yang memindahkan ibu kotanya dari satu pulau ke pulau lainnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, beberapa negara memang sudah lebih dahulu memindahkan ibu kotanya. Hanya saja, pemindahan ibu kota itu masih dalam lingkup satu pulau.

"Kita inginkan jadi yang terbaik di muka bumi. Karena belum ada ibu kota dari suatu pulau ke pulau yang lainnya kecuali Indonesia ini untuk pertama kali," ujar Suharso saat ditemui di Kantor Bappenas.

Untuk itu, Okezone merangkum kembali menariknya pemindahan ibu kota ke Kalimantan, Minggu (16/2/2020):

1. Canberra Inspirasi Ibu Kota Baru

Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan kawasan Mont Ainslie, Canberra, Australia, pada Minggu 9 Februari 2020. Peninjauan ini bertujuan untuk melihat tata kota yang akan dijadikan inspirasi pembangunan ibu kota baru.

"Jadi kita ingin apa mendapatkan sebuah bayangan seperti apa sebetulnya kota Canberra, bagaimana dikelola, kemudian dimulainya seperti apa," ujar Presiden.

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa ide yang bagus untuk menempatkan gedung pemerintahan yang menjulang tinggi jauh dari area inti pemerintahan. Hal ini karena Kepala Negara melihat tidak adanya gedung pemerintahan yang memiliki lebih dari 7 lantai.

2. Tantang untuk Ibu Kota Baru

Pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta menuju Kalimantan Timur (Kaltim) perlu kajian lebih mendalam lagi oleh pemerintah. Khususnya yang berkaitan dengan ketersediaan air bersih.

Dosen Universitas Gadjah Mada Bagas Pujilaksono mengatakan, persoalan air menjadi catatan yang sangat penting dalam proses pemindahan ibu kota baru nanti. Mengingat air tanah yang ada disana sangat terbatas sekali.

"Airnya susah sekali mendapatkan air tanah dan air permukaan tidak banyak. Maka saran saya ke pemerintah perlu melakukan kajian yang lebih detil oleh lembaga internasional," ujar Suharso.

3. Pemindahan Ibu Kota Jadi Sejarah Dunia

Pemindahan Ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan akan menjadi sejarah dunia. Pasalnya hanya Indonesia lah yang memindahkan ibu kotanya dari satu pulau ke pulau lainnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan mata dunia saat ini tertuju pada Indonesia. Seluruh negara di dunia penasaran bagaimana ibu kota baru Indonesia setelah dipindahkan ke Kalimantan.

"Karena itu seluruh mata dunia ke Indonesia. Apakah Indonesia itu mampu untuk memindahkan ibu kotanya. Dan kalau pindah itu seperti apa," jelas Suharso.

4. Investor Mulai Lirik Investasi di Ibu Kota Baru

Pemindahan ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan menarik minat beberapa investor. Bahkan beberapa investor dari negara maju seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, China, Singapura, Italia, Denmark dan Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan siap berinvestasi di ibu kota baru.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa menyatakan sejumlah negara memang sudah mengatakan ketertarikannya. Hanya saja lanjut, pemerintah masih memikirkan skema yang pas untuk para investor ini.


"Banyak sekali, tapi kan kita harus lihat skema-skema yang mereka tawarkan baik untuk kepentingan mereka sendiri dan untuk kepentingan kita. Jadi jangan sampai kita menawarkan sesuatu yang tidak proper untuk mereka. Nanti mereka kecewa kita juga ikut kecewa," ujar Suharso.

Sumber: okezone

Fakta Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Sejarah Baru, Investor Mulai Melirik

Fakta Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Sejarah Baru, Investor Mulai Melirik

Fakta Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Sejarah Baru, Investor Mulai Melirik

Fakta Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Sejarah Baru, Investor Mulai Melirik

Fakta Ibu Kota Baru Indonesia Jadi Sejarah Baru, Investor Mulai Melirik

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya