0
Thumbs Up
Thumbs Down

Fakta Percepat Pembangunan Bendungan untuk Antisipasi Banjir

okezone
okezone - Sun, 23 Feb 2020 06:33
Dilihat: 116
Fakta Percepat Pembangunan Bendungan untuk Antisipasi Banjir

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melakukan proyek bendung yang digadang dapat mengendalikan banjir Jakarta. Bendungan biasanya teraliri oleh air dan digunakan untuk keperluan irigasi atau air baku.

Namun sangat berbeda dengan bendungan yang sedang dalam proses pembangunan yaitu Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Melansir unggahan Instagram resmi Kemen PUPR, kedua bendungan ini sengaja tidak dialiri air sehingga penampakannya terlihat kering.

Baca juga: Progres Bendungan Kering Pertama RI, si Pengendali Banjir Jakarta

Selain bendungan Ciawi dan bendungan Sukamahi, ada bendungan lain yang menjadi proyek KemenPUPR yang akan rampung tahun ini. Diantaranya ada Bendung Gerak, Bendungan Bendo,Bendungan Tukul, Bendungan Gongseng, Bendungan Tapin, Bendungan Gondang, dan masih banyak lagi.

Berikut Okezone sudah mengumpulkan fakta bendungan yang rampung tahun ini, Minggu (23/2/2020) :

1. Bendungan Kering untuk Menangkal Banjir Jakarta

Bendungan kering memang bukan dibuat untuk keperluan irigasi atau air baku, tetapi untuk pengendalian banjir. Saat hujan datang, bendungan ini akan menampung air dan memperlambat aliran air hujan ke daerah yang lebih rendah.

Fungsi utama kedua bendungan ini adalah untuk mengurangi resiko banjir di Jakarta. Kedua bendungan kering ini merupakan bendungan kering pertama yang ada di Indonesia.

Baca juga: Bendungan Keureuto Disiapkan untuk Atasi Risiko Banjir di Aceh Utara

Saat ini progres penyelesaian Bendungan Ciawi telah mencapai 45%, sedangkan Bendungan Sukamahi sedang mendekati 40% penyelesaian.

2. Bendungan Gerak Sudah Selesai Dibangun dan Telah Beroperasi

Tindakan mengendalikan banjir tidak hanya dilakukan di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang sering kali menjadi langganan banjir. Ibukota provinsi Jawa Tengah juga melakukan pengendalian banjir.

Pengendalian banjir ini bernama Pembangunan Bendung Gerak di Kanal Banjir Barat (KBB). Bendung Gerak saat ini sudah selesai dibangun dan telah beroperasi.

"Bendung tersebut berfungsi sebagai penahan intrusi air laut dan menjaga debit air, serta penggelontoran (flushing) sedimen sungai untuk pengendalian banjir di wilayah barat Kota Semarang," tulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui akun Instagram resminya @kemenpupr.

Baca juga: Rampung Tahun Ini, 8 Bendungan Tampungan Air sebesar 408,89 Juta Meter Kubik

3. 3 Bendungan di Jawa Timur Bisa Meningkatkan Jumlah Tampungan Air

Pemerintah akan merampungkan pengerjaan tiga bendungan yang ada di Jawa Timur pada tahun ini. Ketiga bendungan terebut yakni Bendungan Bendo di Ponorogo, Bendungan Tukul di Pacitan dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, nantinya ketiga bendungan itu akan rampung dan diisi (implouding) oleh air pada tahun ini. Dengan diisinya ketiga bendungan itu akan bisa meningkatkan jumlah tampungan air yang ada di Indonesia.

Perlu diketahui, pembangun ketiga bendungan bertujuan untuk memenuhi misa ketahanan pangan dan ketahanan air. Ketiga bendungan di Jawa Timur tersebut merupakan bendungan multiguna yang berfungsi sebagai pengendali banjir, sumber air baku, sumber air daerah irigasi dan juga pembangkit listrik.

"Selain itu, bendungan ini bisa menyalurkan air baku sebesar 780 liter per detik, pembangkit listrik sebesar 4 MW dan mereduksi banjir 490 meter kubik per detik," jelas Basuki.


Sumber: okezone

Fakta Percepat Pembangunan Bendungan untuk Antisipasi Banjir

Fakta Percepat Pembangunan Bendungan untuk Antisipasi Banjir

Fakta Percepat Pembangunan Bendungan untuk Antisipasi Banjir

Fakta Percepat Pembangunan Bendungan untuk Antisipasi Banjir

Fakta Percepat Pembangunan Bendungan untuk Antisipasi Banjir

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya