0
Thumbs Up
Thumbs Down

Gara-gara LRT, Penjualan Apartemen TOD Naik 650%. Ini Kelebihannya!

Rumah
Rumah - Thu, 20 Jun 2019 12:46
Dilihat: 83
Gara-gara LRT, Penjualan Apartemen TOD Naik 650%. Ini Kelebihannya!

Rumah.com-Hunian Transit Oriented Development (TOD) adalah hunian yang dikembangkan dengan fokus penggunaan transportasi umum. Dengan demikian, penghuni tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas. Apartemen TOD sendiri saat ini sedang marak di Jabodetabek, menyusul beroperasinya dua moda transportasi umum baru.

Membeli ataupun berinvestasi hunian dekat transportasi menjadi nilai tambah tersendiri. Kepraktisan dalam melakukan aktivitas sehari-hari bisa dilakukan tanpa perlu memikirkan penggunaan kendaraan pribadi apalagi berpusing ria dengan kemacetan.

Selain busway dan commuter line, saat ini adadua sarana transportasi massal yang tengah hits dibangun pemerintah, yakni Mass Rapid Transit (MRT) dan Lintas Raya Terpadu (LRT). Perlintasan keduanya dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang penyebrangan jalur kendaraan mobil dan motor.

Soal lokasi hunian, pengembang juga memiliki pertimbangan sendiri dalam menentukan potensi MRT dan LRT. Baca juga: tips berburu hunian di sekitar jalur MRT Jakarta.

Hunian TOD Laris-Manis

Direktur PT Urban Jakarta Propertindo, Tri Rachman Batara, mengatakan bahwa secara umum, konsep TOD baik di LRT maupun MRT memberikan manfaat positif baik bagi konsumen maupun pengusaha/pengembang. Namun dalam hal peluang bisnis saat ini, dia menilai LRT lebih tinggi nilai tambahnya. Hal itu dikarenakan masih minimnya jumlah stasiun LRT yang saat ini terbangun dibandingkan dengan MRT.

"Sehingga nilainya jadi lebih tinggi (harga cepat naik). Ini lebih kepada keuntungan investasi," jelasnya.

Ketahui pegerakan harga properti di berbagai wilayah di Indonesia melalui Property Index.

Saat ini, Urban Jakarta memiliki empat proyek properti berkonsep Transit Oriented Development (TOD) yang terintegrasi dengan stasiun-stasiun light rail transit (LRT). Dua di antaranya yaitu Gateway Park di Bekasi dan Urban Signature di Ciracas yang merupakan KSO dengan Adhi Commuter Properti. Dua lainnya yaitu Urban Sky dan Urban Suites, keduanya di Bekasi, merupakan milik dan dikembangkan secara mandiri.

Pencapaian penjualan dari hunian tersebut masih dalam koridor target yang diharapkan dan mencetak kinerja yang cemerlang pada kuartal I/2019.

Penjualan sejumlah proyek apartemen berkonsep TOD melesat 655 persen atau hampir tujuh kali lipat menjadi Rp117,9 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp15,6 miliar. Terutama untuk pengakuan penjualan apartemen Urban Sky telah mencapai Rp104,1 miliar.

Meskipun dirinya melihat terdapat perlambatan di kuartal II/2019, tetapi dia meyakini masih dapat melakukan pemulihan pada kuartal III/2019kuartal IV/2019.

Sementara itu, Sales & Marketing ManagerSynthesis Homes,Andreas Pangaribuan, mengatakan bahwa saat ini MRT yang beroperasi lebih dulu dibandingkan LRT membuatnya lebih difavoritkan. Apalagi rute MRT melewati Kuningan, Sudirman, Thamrin dan daerah Central District Bussiness yang dikenal sebagai segitiga emas Jakarta.

Kawasan ini sekaligus sebagai pusat utama pusat bangunan komersial. Tak mengherankan jika Synthesis menyasar pekerja kantoran yang mengharapkan bisa memotong jarak tempuh. Sementara itu, LRT baru akan terhubung dengan velodrome. Tentunya masih memerlukan waktu cukup lama untuk menghubungkannya LRT ke wilayah segitiga emas.

"Kami melihat agak jauh perbandingannya. Pertama LRT Kelapa Gading masih (tujuannya) ke velodrome belum tersambung ke lainnya. Pekerja di Kuningan-Sudirman-Thamrin. Angkanya jauh lebih tinggi. Ini bisa dipakai dan menggapai area bisnis mereka," jelasnya.

Apartemen memiliki kelebihan, namun juga konsekuensi, jika dibandingkan apartemen. Karena itu, baca juga: hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen.

Keuntungan hunian TOD bagi Konsumen

Pembangungan LRT yang tidak hanya terjadi di Jakarta tetapi juga menjangkau kawasan pinggiran seperti Serpong, Cibubur, Karawang, Cikarang, dan lainnya bisa membuat harga hunian berkonsep TOD lebih murah.Apa saja manfaat lain hunian TOD?

Baca juga: temukan rumah yang sesuai budget. Ukur kemampuan cicilan Anda dengan kalkulator keterjangkauan.

Menekan biaya transportasi

Sesuai tujuannya untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi. Anda pun tak perlu memikirkan uang bensin atau ongkos transportasi hingga biaya parkir per jam.

Kualitas hidup lebih baik

Berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi membuat gas buangan yang memiliki efek polusi juga berkurang. Kualitas udara menjadi lebih bersih

Selain itu, tingkat stres di jalanan karena kemacetan juga akan berkurang. Ringkasnya jarak, waktu, dan tenaga akan membuat kualitas hidup Anda lebih meningkat. Anda bisa punya lebih banyak waktu untuk keluarga.

Sebagai investasi

Secara umum, harga suatu properti mengalami kenaikan sekitar 15 sampai 20 persen per tahunnya. Lahan yang makin berkurang akan memaksa orang atau pengembang untuk membangun hunian semakin jauh dari pusat kota. Karenanya, hunian yang dekat atau memiliki kemudahan menjangkau pusat kota akan semakin diburu seiring berjalannya waktu.


Temukan beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, hingga legalitas properti di Panduan Rumah.com.

Sumber: Rumah

Gara-gara LRT, Penjualan Apartemen TOD Naik 650%. Ini Kelebihannya!

Gara-gara LRT, Penjualan Apartemen TOD Naik 650%. Ini Kelebihannya!

Gara-gara LRT, Penjualan Apartemen TOD Naik 650%. Ini Kelebihannya!

Gara-gara LRT, Penjualan Apartemen TOD Naik 650%. Ini Kelebihannya!

Gara-gara LRT, Penjualan Apartemen TOD Naik 650%. Ini Kelebihannya!

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya