0
Thumbs Up
Thumbs Down

Garuda Fokus Perluas Rute Domestik

Nusabali
Nusabali - Wed, 29 Jun 2022 13:23
Dilihat: 31
Garuda Fokus Perluas Rute DomestikJAKARTA,
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, maskapai Garuda Indonesia mengubah bisnisnya dalam waktu dekat setelah sidang putusan homologasi hasil PKPU PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dikabulkan.

Kartika Wirjoatmodjo dalam konferensi pers yang dipantau di Jakarta, Selasa, menyebutkan, Garuda juga fokus ke penerbangan domestik dan kargo. Untuk penerbangan domestik, Garuda akan terbang ke destinasi-destinasi favorit di Indonesia, seperti Bali, kota besar, dan tempat wisata lainnya.

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, rute penerbangan Garuda akan diperluas terutama ke destinasi yang populer di masyarakat. Bukan hanya Bali, tetapi juga bakal menyasar lebih luas ke daerah timur Indonesia seperti ke Maluku dan Papua.

"Yang sedang kita diskusikan terus menerus tetapi memiliki sedikit keterbatasan adalah menghubungkan barat dan timur. Jadi ada diskusi cukup mendalam untuk lebih memperbanyak rute ke timur," kata Irfan dikutip dari CNNIndonesia.com.

Untuk bisnis kargo, Garuda sedang mengembangkan open sky policy yang tengah dibahas di Kementerian Perhubungan. Nantinya, Garuda bisa bekerja sama dengan maskapai internasional sebagai feeder atau konektor yang menerbangkan ke tujuan domestik.

"Banyak maskapai internasional menjadi hub player seperti, Singapura, Qatar, dan Dubai. Mereka tidak punya pasar domestik di Indonesia. Nah, kitalah yang akan menjadi penghubung ke domestik tersebut," katanya seperti dilansir Antara, Selasa (28/6).

Saat ini, masih menurut dia, banyak pasar internasional melirik produk-produk dari timur Indonesia, terutama produk kelautan sehingga dimungkinkan Garuda menyasar pengiriman langsung dari Indonesia timur ke negara-negara Jepang, Hong Kong, dan Singapura.

Garuda juga melirik pangsa pasar extra baggage atau kelebihan muatan. Dari data yang diterima Garuda, mayoritas masyarakat Indonesia saat jalan-jalan ke luar kota selalu membeli banyak oleh-oleh. Di sinilah Garuda menawarkan kargo untuk kelebihan muatan tersebut dengan harga ekonomis.

Fokus bisnis tersebut diikuti dengan efisiensi pesawat yang diterbangkan. Garuda mengurangi armada dari 210 pesawat pada 2020 menjadi 120 pesawat pada 2022, dengan rincian 94 pesawat narrow body dan 26 pesawat wide body.

"Selain itu, Garuda menerapkan power by the hour, sehingga Garuda hanya membayar sewa pesawat setiap diterbangkan," lanjutnya.

Kartika Wirjoatmodjo menuturkan, selain fokus bisnis tersebut, Garuda juga mencari investor keuangan untuk jangka panjang.

Dengan proposal restrukturisasi yang sudah disetujui, Garuda sudah dinyatakan sehat secara cash flow. Namun, untuk dinyatakan sehat secara neraca keuangan, Garuda harus terlebih dahulu menyelesaikan right issue satu dan dua.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, Garuda akan menjadi maskapai yang menguntungkan, bukan maskapai yang terbang ke mana-mana. Jadi lebih fokus. Untuk memperkuat Garuda pihaknya juga akan mempercepat pertumbuhan Citilink sebagai maskapai berbiaya murah.

"Kami juga akan tetap mengambil pasar haji dan umrah di Indonesia. Malah, kalau bisa kami akan menerbangkan langsung dari kota-kota besar seperti Surabaya, Makassar, dan kota-kota besar lainnya tanpa transit terlebih dahulu," ucap Irfan. *
Sumber: Nusabali

Garuda Fokus Perluas Rute Domestik

Garuda Fokus Perluas Rute Domestik

Garuda Fokus Perluas Rute Domestik

Garuda Fokus Perluas Rute Domestik

Garuda Fokus Perluas Rute Domestik

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya