0
Thumbs Up
Thumbs Down

Gegara Jalankan Strategi Ini, Pemerintah Australia Bakal Pasang Penjaga Bersenjata di Masjid-masjid

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 07 Nov 2019 17:07
Dilihat: 16
Sydney

Para pemimpin komunitas Islam Australia tengah mempertimbangkan mengerahkan penjaga bersenjata di masjid-masjid dan sekolah-sekolah agama. Tujuannya, sebagai bagian dari strategi keamanan nasional untuk menghadapi ancaman baru-baru ini yang melibatkan kelompok ekstremis sayap kanan.

Dewan Imam Nasional Australia (ANIC) mengonfirmasi hal tersebut. Komite keselamatan dan keamanan masyarakat yang baru akan menerima saran dari para profesional industri dan bekerja dengan otoritas pemerintah untuk meningkatkan keselamatan bagi organisasi Muslim.

"Dewan telah memutuskan untuk mengambil tanggung jawab -seperti yang telah dilakukan oleh komunitas Yahudi- selama beberapa waktu untuk memastikan keamanan di masjid dan sekolah agama," kata juru bicara ANIC, Bilal Rauf, kepada The Australian, yang dikutip Kamis (7/11/2019).

Baca Juga: Yuk Intip Serunya Berburu Makanan Halal di Australia, Apa Saja Menunya?

Rauf mengatakan mempekerjakan penjaga bersenjata adalah salah satu opsi yang dipertimbangkan, yang tunduk pada protokol pemerintah dan polisi.

Menurutnya, para pemimpin Islam tertarik untuk belajar dari pengalaman di lembaga-lembaga Yahudi seperti sekolah dan sinagoge di Sydney dan Melbourne. Penjaga bersenjata dan kamera CCTV telah digunakan selama lebih dari satu dekade untuk meningkatkan keamanan.

Keputusan para imam Islam untuk meningkatkan keamanan dipicu oleh pembantaian di Christchurch pada Maret ketika pria Grafton berusia 28 tahun, Brenton Tarrant, menewaskan 51 jamaah dan melukai 49 lainnya selama penembakan saat Jumat di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood.

Sejak Maret, kata Rauf, para pemimpin Islam menjadi semakin terganggu pada lonjakan insiden pencoretan dinding masjid Holland Park Brisbane dengan slogan supremasi kulit putih anti-Islam seperti "Saint Tarrant" dan "Hapus Kebab".

Dalam insiden berikutnya di Holland Park, para jamaah yang cemas mengunci pintu-pintu masjid dan menelepon polisi bulan lalu ketika seorang pria terlihat di dekatnya dengan sebuah parang. Masjid utama Canberra baru-baru ini juga dibobol.

"Kami ingin memastikan keamanan di masjid-masjid dan sekolah-sekolah agama untuk memadamkan rasa takut yang dimiliki orang-orang dan memberi mereka keamanan," kata Rauf.

"Orang-orang dengan desain pembunuhan secara agresif menargetkan masjid, sinagoge, dan gereja karena pada saat itulah orang-orang yang beribadah paling rentan dengan punggung mereka berbalik," lanjut dia.

Dia mengatakan penjaga bisa ditempatkan di pintu masuk masjid dan sekolah.

"Adalah adil untuk mengatakan bahwa penjaga bersenjata adalah satu pilihan, tetapi kami akan bekerja dengan pihak berwenang yang tepat. Semoga tidak sampai seperti itu," paparnya.

Sebagai bagian dari program manajemen darurat baru, ANIC telah mempekerjakan dua profesional keamanan, Joe Kabbara dan Ahmed Homsi, sebagai penasihat senior.

Keduanya adalah mantan manajer senior untuk BRI Security dengan pengalaman dalam CCTV, sistem kontrol akses, manajemen acara, manajemen darurat dan responden pertama, operasi keamanan, manajemen risiko, kepatuhan dan pelatihan.

Baca Juga: Unggahan Menghina Nabi Muhammad, Umat Islam di Bangladesh Bentrok

ANIC bermaksud untuk menetapkan titik kontak pusat secara nasional untuk mengoordinasikan tanggapan terhadap ancaman keamanan dan untuk mengalokasikan sumber daya di lokasi tertentu termasuk "personel keamanan terlatih", "manajemen insiden 24 jam" dan "keamanan teknis".

Beberapa sekolah dan sinagoge Yahudi di Sydney dan Melbourne telah menggunakan penjaga bersenjata untuk meningkatkan keamanan selama bertahun-tahun, meskipun para pemimpin masyarakat tidak akan menyebut nama institusi tertentu.

Sydney's Emanuel School di Randwick dan Moriah College di Queens Park telah dilaporkan menggunakan penjaga bersenjata.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syahrianto


Foto: Getty Images

Sumber: wartaekonomi

Gegara Jalankan Strategi Ini, Pemerintah Australia Bakal Pasang Penjaga Bersenjata di Masjid-masjid

Gegara Jalankan Strategi Ini, Pemerintah Australia Bakal Pasang Penjaga Bersenjata di Masjid-masjid

Gegara Jalankan Strategi Ini, Pemerintah Australia Bakal Pasang Penjaga Bersenjata di Masjid-masjid

Gegara Jalankan Strategi Ini, Pemerintah Australia Bakal Pasang Penjaga Bersenjata di Masjid-masjid

Gegara Jalankan Strategi Ini, Pemerintah Australia Bakal Pasang Penjaga Bersenjata di Masjid-masjid

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya