0
Thumbs Up
Thumbs Down

Gelar Karsa Gempita Sambut Bulan Bahasa

Nusabali
Nusabali - Sat, 23 Oct 2021 07:58
Dilihat: 51
Gelar Karsa Gempita Sambut Bulan Bahasa
Karsa Gempita merupakan perpaduan dua kegiatan, yakni kegiatan kewirausahaan dalam mengembangkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan lainnya adalah perlombaan presenter dan reportase serta menyanyi lagu pop Indonesia. Ketua Panitia Karsa Gempita Duta Bahasa Provinsi Bali, AA Ayu Mirah Dwiyanti, 21, mengatakan bahwa Kedai Bahasa dan Sastra (Karsa) merupakan wadah berupa kedai yang menampung dan meningkatkan nilai jual produk-produk UMKM di Bali yang berisi unsur-unsur atau konten kebahasaan dan sastra dalam suatu produk atau kemasannya.

Contohnya baju, tas, tumblr, buku, atau makanan-minuman lokal yang dikemas secara khusus oleh Duta Bahasa Provinsi Bali. "Jika ingin mendukung produk UMKM di Kedai Bahasa dan Sastra, dapat berkunjung ke Balai Bahasa Provinsi Bali, pada tanggal 6 - 7 November 2021 mendatang," ujarnya.

Dirinya pun menjelaskan, bahwa terciptanya program Kedai Bahasa dan Sastra tersebut selain melatih para anggota Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali dalam kewirausahaan, namun juga guna mendukung UMKM yang sedang berkembang di Bali, agar dikenal oleh masyarakat luas.

Sedangkan untuk kegiatan Gema Lomba Reportase dan Menyanyi untuk Indonesia (Gempita) tahun 2021 dibagi menjadi dua cabang perlombaan, yakni lomba presenter dan reportase serta lomba menyanyi lagu pop Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara daring yang dimulai pada 1028 Oktober 2021, melalui media sosial instagram @dutabahasaprovbali, dan juga untuk calon peserta disarankan mengunduh panduan pendaftaran pada tautan https://s.id/PANDUANGEMPITA2021. "Adapun syarat dalam mengikuti Gempita ini yaitu merupakan pemuda-pemudi yang berdomisili Bali yang berusia 15 - 25 tahun, belum pernah mendapatkan juara satu dalam Gempita pada tahun-tahun sebelumnya, serta mengirimkan video karya dengan durasi 1 - 3 menit untuk lomba presenter dan reportase, serta 3 - 5 menit untuk lomba menyanyi setelah melakukan pendaftaran," ujar AA Ayu Mirah Dwiyanti.

Lebih lanjut AA Ayu Mirah Dwiyanti mengatakan bahwa Karsa Gempita tahun 2021 ini akan dilaksanakan secara semi daring, yakni pendaftaran dan seleksi secara daring kemudian final dilaksanakan secara luring bertempat Balai Bahasa Provinsi Bali. Pemenang dari perlombaan pun akan mendapatkan hadiah sejumlah uang tunai dan bingkisan khusus dari Duta Bahasa Provinsi Bali, serta mendapatkan sertifikat penghargaan baik untuk para pemenang maupun seluruh peserta yang telah mendaftarkan diri. Dari semua peserta yang telah melakukan pendaftaran, nanti akan diseleksi menjadi 10 finalis yang akan melakukan penilaian babak final secara langsung di Balai Bahasa Provinsi Bali pada 6-7 November 2021. *rma
Sumber: Nusabali

Gelar Karsa Gempita Sambut Bulan Bahasa

Gelar Karsa Gempita Sambut Bulan Bahasa

Gelar Karsa Gempita Sambut Bulan Bahasa

Gelar Karsa Gempita Sambut Bulan Bahasa

Gelar Karsa Gempita Sambut Bulan Bahasa

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya