0
Thumbs Up
Thumbs Down

Gubernur Koster Sabet 'Top Pembina BUMD 2021'

Nusabali
Nusabali - Sat, 25 Sep 2021 08:51
Dilihat: 68
Gubernur Koster Sabet 'Top Pembina BUMD 2021'DENPASAR,
Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali dinobatkan sebagai 'Top BUMD Award 2021' dari Majalah TOP Business, bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-Otda) dan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Sedangkan Dirut Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, Nyoman Sudarma, dinobatkan sebagai 'Top CEO BUMD 2021'. Sebaliknya, Gubernur Bali Wayan Koster meraih penghargaan sebaai 'Top Pembina BUMD 2021'.

Penghargaan 'Top BUMD Award 2021' untuk BPD Bali, 'Top CEO BUMD 2021' untuk Dirut BPD Bali Nyoman Sudarma, dan 'Top Pembina BUMD 2021' untuk Gubernur Koster ini sudah diserahkan di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Jumat (10/9) lalu. Namun, informasinya baru diungkap ke publik dalam jumpa pers di Bale Gajah Sumah Jabatan Gubernur Bali, Komplek Jaya Sabha Denpasar, Jumat (24/9) sore. Jumpa pers kemarin dihadiri langsung Gubernur Koster, Dirut BPD Bali Nyoman Sudarma, Komisaris Utama BPD Bali Ida Bagus Anom Redhi, dan Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali I Gede Pramana.

Nyoman Sudarma menyebutkan, tujuan pemilihan 'Top BUMD Award 2021', 'Top Pembina BUMD 2021' dan 'Top CEO BUMD 2021' adalah untuk membangun perekonomian Indonesia melalui percepatan pembangunan ekonomi daerah, dengan meningkatkan jumlah BUMD yang kinerjanya paling top di Indonesia. "Semakin banyak bermunculan BUMD hebat, yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usahanya agar kinerja dan layanan terus meningkat, dapat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah maupun di tingkat nasional," ujar Sudarma.

Menurut Sudarma, penjurian dalam pemilihan 'Top BUMD Award 2021' , 'Top Pembina BUMD 2021', dan 'Top CEO BUMD 2021' se-Indonesia ini melibatkan 10 profesor dan beberapa orang doktor, praktisi, dan konsultan bisnis. Ada 1.150 peserta yang diseleksi dalam nominasi BUMD Terbaik. Hasilnya, 200 peserta masuk nominasi BUMD Terbaik.

Mekanisme penilaian dalam pemberian penghargaan ini, kata Sudarma, dilakukan atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi) yang telah dilakukan BUMD terkait kinerja bisnis, serta layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. "Wawancara juga dilakukan terhadap para CEO BUMD dalam penentuan pemenang," jelas bankir pria asal Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini.

Berdasarkan hasil penilian, Gubernur Koster dinobatkan sebabgai 'Top Pembina BUMD 2021, BPD Bali meraih 'Top BUMD Award 2021' (BUMD BPD #Bintang 4, PT BPD Bali), dan Dirut BPD Bali Nyoman Sudarma sabet penghargaan 'Top CEO BUMD 2021'.

Menurut Sudarma, predikat bintang 4 atau 'Top BUMD Award 2021' yang diraih BPD Bali menandakan bahwa bank plat merah ini dinilai memiliki pencapaian kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemennya baik, dan relatif selaras dengan visi BUMD. Selain itu, BPD Bali dinilai telah melakukan inovasi, perbaikan, dan didukung teknologi informasi, sehingga memiliki peran penting dalam pembangun-an ekonomi daerah.

"Secara umum, kombinasi pencapaian kinerja, upaya perbaikan, dan kontribusi BUMD berpredikat sangat baik. BPD Bali meraih penghargaan karena kinerjanya sangat baik, walaupun di tengah pandemi Covid-19," beber jebolan Fakultas Hukum Unud ini.

Sudarma menyebutkan, per Agustus 2021 ini BPD Bali mampu menyalurkan kredit kepada masyarakat sebesar Rp 19,7 triliun, meskipun di tengah pandemi Covid-19. Untuk penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 666 miliar dari target Rp 800 miliar.

Ditanya soal tingkat kredit macet, menjurut Sudarma, tingkat NPL (non performing loan) alias pinjaman bermasalah BPD Bali di bawah 5 persen. "NPL kita 2,5 persen. Kalau batas maksimal yang ditetapkan Bank Indonesia kan 5 persen," papar Sudarma. *nat
Sumber: Nusabali

Gubernur Koster Sabet 'Top Pembina BUMD 2021'

Gubernur Koster Sabet 'Top Pembina BUMD 2021'

Gubernur Koster Sabet 'Top Pembina BUMD 2021'

Gubernur Koster Sabet 'Top Pembina BUMD 2021'

Gubernur Koster Sabet 'Top Pembina BUMD 2021'

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya