0
Thumbs Up
Thumbs Down

Haduh, Kemenag Stop Pendaftaran Nikah

wartaekonomi
wartaekonomi - Sat, 04 Apr 2020 23:23
Dilihat: 34
Jakarta

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengambil kebijakan melayani pendaftaran nikah melalui sistem dalam jaringan (daring) terkait semakin merebaknya wabah Covid-19 di Tanah Air. Kemenang untuk sementara tidak lagi menerima pendaftaran melalui tatap muka.

"Pendaftaran dapat dilaksanakan secara berjaringan atau online melaluiwebsite simkah.kemenag.go.id,"kata Kakanwil Kemenag Sumsel HM Alfajri Zabidi melalui Kasubbag Umum dan Humas H Saefudin dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Sabtu (4/4).

Dia mengatakan berdasarkan edaran yang dikeluarkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI tertanggal 2 April 2020, Kemenag mengambil kebijakan untuk meniadakan sementara pendaftaran nikah melalui tatap muka langsung. Selain itu, Kemenag juga melarang pelaksanaan akad nikah di luar balai nikah atau KUA.

Baca Juga: Negara Lagi Lawan Corona, Eh Kapolsek Kembangan Gelar Pesta Pernikahan, Langsung Dicopot Kapolda

"Kalau sebelumnya pelaksanaan akad nikah masih boleh dilaksanakan di luar balai nikah dengan syarat hanya dihadiri maksimal 10 orang, mulai April ini, akad nikah hanya boleh dilaksanakan di Kantor Urusan Agama atau balai nikah. Yang hadir pun dibatasi, tidak boleh lebih dari 10 orang," jelas dia.

Pernikahan yang dilaksanakan per April ini, lanjut Saefudin, juga hanya untuk mereka yang sudah mendaftar sebelum April. Sebab mulai April ini, Kemenag tidak lagi menerima pendaftaran nikah melalui tatap muka langsung. Jadi mereka yang ingin mendaftar hanya bisa melaluionlineatau berjaringan, ujar dia.

Baca Juga: Wabah Corona Makin Ganas, Acara Resepsi Nikah Nanti Aja Deh...

Dia mengatakan, Kemenag akan melihat bagaimana perkembangan penyebaran wabah COVID-19. Bila sudah mereda dan memungkinkan, proses pelayanan nikah mulai dari pendaftaran, kursus calon pengantin, hingga akad nikah, akan dilaksanakan seperti semula, sebelum ada wabah COVID-19.

Dengan demikian, dapat dikatakan aturan bersifat sementara, sebagai bentuk antisipasi untuk mencegah penularan COVID-19 agar tidak makin meluas, ujarnya.

Masyarakat diharapkan dapat memahami dan memaklumi kondisi ini karena pemerintah akan terus berusaha mengambil kebijakan terbaik bagi kepentingan masyarakat banyak.

Covid-19 memang memberikan dampak signifikan dalam proses pelayanan terhadap masyarakat. Baik pelayanan nikah, haji, maupun pelayanan-pelayanan lainnya. Namun di tengah ketebatasan tersebut, pemerintah berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik. Meski saat ini pegawai Kemenag Sumsel diinstruksikan bekerja dari rumah (work from home), namun pihaknya siap hadir ke kantor bila dibutuhkan untuk memberikan pelayanan.

Penulis: Redaksi

Editor: Annisa Nurfitriyani


Foto: Foto: Reuters.

Sumber: wartaekonomi

Haduh, Kemenag Stop Pendaftaran Nikah

Haduh, Kemenag Stop Pendaftaran Nikah

Haduh, Kemenag Stop Pendaftaran Nikah

Haduh, Kemenag Stop Pendaftaran Nikah

Haduh, Kemenag Stop Pendaftaran Nikah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya