0
Thumbs Up
Thumbs Down

Harga Minyak Dunia Turun ke Level Terendah

okezone
okezone - Thu, 18 Nov 2021 07:28
Dilihat: 74
Harga Minyak Dunia Turun ke Level Terendah

JAKARTA - Harga minyak merosot pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), ke level penutupan terendah sejak awal Oktober, setelah OPEC dan Badan Energi Internasional (IEA) memperingatkan kelebihan pasokan yang akan datang dan meningkatnya kasus Covid-19 di Eropa meningkatkan risiko penurunan pemulihan permintaan.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari anjlok 2,15 dolar AS atau 2,6%, menjadi ditutup pada 80,28 dolar AS per barel. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember jatuh 2,4 dolar AS atau 3%, menjadi menetap di 78,36 dolar AS per barel.

Penurunan membawa Brent ke penutupan terendah sejak 1 Oktober dan minyak mentah AS ke penyelesaian terendah sejak 7 Oktober.

Para pedagang mengatakan tindakan pasar baru-baru ini menunjukkan dana-dana menimbang kemungkinan yang lebih besar bahwa pasokan akan mulai melebihi permintaan dalam beberapa bulan mendatang, dengan penurunan tajam dalam kontrak berjangka jangka pendek yang menunjukkan dana-dana menutup posisi beli.

"Ini menandakan pergerakan menuju keseimbangan yang belum pernah kita lihat selama berbulan-bulan," kata Tony Headrick, analis energi di CHS Hedging.

Pasar minyak global telah difokuskan pada peningkatan permintaan yang cepat terhadap peningkatan pasokan yang lambat dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, bersama dengan keengganan dari pemain serpih besar AS untuk membelanjakan lebih banyak pada pengeboran.

Baca Juga: Harga Minyak Galau Imbas Lonjakan Kasus Covid-19

Namun, baik IEA maupun OPEC dalam pekan terakhir mengatakan lebih banyak pasokan bisa datang dalam beberapa bulan ke depan. OPEC dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, telah mempertahankan kesepakatan untuk meningkatkan produksi sebesar 400.000 barel per hari setiap bulan agar tidak membanjiri pasar dengan pasokan.

Pada Selasa (16/11/2021), Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo mengatakan kelompok itu melihat tanda-tanda peningkatan pasokan minyak mulai bulan depan, menambahkan anggota dan sekutunya harus "sangat, sangat berhati-hati."

Negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat, telah meminta OPEC+ untuk meningkatkan produksi lebih cepat. Amerika Serikat telah mempertimbangkan untuk mengumumkan pelepasan darurat minyak mentah dari Cadangan Minyak Strategis (SPR)-nya, yang mengandung lebih dari 600 juta barel minyak.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Beragam, Investor Khawatirkan Stok dan Permintaan


Dalam apa yang mungkin merupakan sinyal kemungkinan itu, dalam dua minggu terakhir Departemen Energi AS telah menjual lebih dari 6 juta barel minyak - bagian dari penjualan yang disetujui sebelumnya.

Sumber: okezone

Harga Minyak Dunia Turun ke Level Terendah

Harga Minyak Dunia Turun ke Level Terendah

Harga Minyak Dunia Turun ke Level Terendah

Harga Minyak Dunia Turun ke Level Terendah

Harga Minyak Dunia Turun ke Level Terendah

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya