0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hari Pembagian Piala

Republika Online
Republika Online - Sun, 24 May 2020 05:37
Dilihat: 27
Hari Pembagian Piala

Oleh Dr KH Syamsul Yakin MA

Hari ini adalah hari pembagian tiga piala. Pertama, piala bertakwa. Kedua, piala bersyukur. Ketiga, piala selalu dalam kebenaran.

Ketiga piala ini terkait tujuan ibadah puasa yang memang ada tiga. Pertama, "Agar kalian bertakwa." (QS. al-Baqarah/2: 183). Kedua, "Agar kalian bersyukur." (QS. al-Baqarah/2: 185). Ketiga, "Agar mereka memperoleh kebenaran".

Mengenai piala pertama, Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. al-Baqarah/2: 183). Kriteria peraih piala ini adalah "Orang-orang yang beriman kepada yang ghaib." (QS. al-Baqarah/2: 3).

Selain itu, piala bertakwa diberikan juga kepada, "Orang-orang yang sabar." (QS. Ali Imran/3: 17). Termasuk untuk "Orang yang menahan marah dan memaafkan." (QS. Ali Imran/3: 134). Semoga kita termasuk orang yang beriman dengan yang ghaib, menjadi orang yang sabar, dan menjadi orang yang mampu menahan marah dan memaafkan.

Tentang piala kedua, Allah SWT berfirman, "Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (QS. al-Baqarah/2: 185).

Kriteria peraih piala ini adalah mereka yang berterima kasih kepada manusia. Nabi SAW bersabda, "Orang yang tidak berterima kasih kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah." (HR. Turmudzi). Lalu untuk yang menyebut-nyebut nikmat-Nya. Allah SWT berfirman, "Dan nikmat yang diberikan oleh Rabbmu, perbanyaklah menyebutnya." (QS. al-Dhuha/93: 11).

Dalam ayat di atas, yang dimaksud dengan perbanyaklah menyebutnya, menurut pengarang Tafsir Jalalain adalah mensyukurinya. Kriteria selanjutnya adalah orang yang tidak berambisi terhadap dunia atau qana'ah. Nabi SAW bersabda, "Jadilah orang yang qana'ah, maka kamu akan menjadi hamba yang paling bersyukur."(HR. Ibnu Majah).

Mengenai piala ketiga, Allah SWT berfirman, "Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran." (QS. al-Baqarah/2: 186).

Kriteria peraih piala ini minimal ada tiga. Pertama, orang-orang yang taat kepada Allah SWT. Kedua, orang-orang yang taat kepada Rasulullah SAW. Ketiga, orang-orang yang taat kepada pemerintah atau ulil amri. Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu." (QS. al-Nisa/4: 59).

Mudah-mudahan ciri-ciri peraih piala bertakwa, bersyukur, dan selalu dalam kebenaran ada pada diri kita sehingga kita pantas beroleh ketiga piala tersebut. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita senantiasa merasa bahagia, baik di dunia apalagi di akhirat. Aamiin.


Berita Terkait
  • ACT Tasikmalaya Bagikan Paket Lebaran Warga Prasejahtera
  • MUI Garut Persilakan Warga Sholat Id di Kampung Sendiri
  • Di Ambon, Sebagian Muslim Sudah Lebaran Jumat dan Hari Ini
Berita Lainnya
  • ACT Tasikmalaya Bagikan Paket Lebaran Warga Prasejahtera
  • Kim Jeffrey: Senang Bisa Lihat Pertandinga Sepak Bola Lagi

Hari Pembagian Piala

Hari Pembagian Piala

Hari Pembagian Piala

Hari Pembagian Piala

Hari Pembagian Piala

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya