0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hari Polio Sedunia, Ini Pesan Khusus dari WHO

okezone
okezone - Sat, 24 Oct 2020 20:03
Dilihat: 47
Hari Polio Sedunia, Ini Pesan Khusus dari WHO

HARI Polio Sedunia diperingati pada 24 Oktober setiap tahunnya. Ini adalah pengingat bahwa vaksin telah berhasil melawan penyakit polio dan dapat mewujudkan tujuan yang luar biasa ketika pemerintah, petugas kesehatan, komunitas, dan mitra berkumpul bersama.

Para peneliti telah bekerja tanpa lelah untuk membuat Afrika terbebas dari polio dengan inovasi seperti teknologi sistem informasi geografis yang digunakan untuk memerangi penyakit ini. Sekarang dunia kembali mendapat tantangan kesehatan untuk memberantas virus corona (covid-19) yang mewabah.

Baca juga: Selamat Ya! Kini Papua Bebas KLB Polio

Sebagaimana dilansir Relief Web, Sabtu (24/10/2020), meski sudah ada vaksinnya, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk menangani polio. Sebanyak 16 negara Afrika tengah menghadapi wabah polio tahun ini. Mereka berbentuk penyakit langka yang menyerang anak-anak yang belum dilindungi oleh vaksinasi polio.

Ini dikenal sebagai virus polio yang diturunkan dari vaksin yang bersirkulasi atau cVDPV. Oleh karena itu kampanye vaksinasi berkualitas tinggi dilakukan dan beberapa wabah berhasil dihentikan pada awal 2020.

Untuk mengurangi risiko persebaran di masyarakat, kampanye vaksinasi dihentikan sementara pada Maret 2020. Namun para pemimpin negara terkait menyadari bahwa mereka tidak dapat melakukannya. Mereka menunggu hingga keadaan darurat covid-19 berakhir untuk menyelesaikan perang melawan polio.

Baca juga: Terpaksa Bepergian, Ikuti Tips Ini agar Terhindar dari Covid-19

World Health Organization (WHO) Regional Director Afrika, dr Matshidiso Moeti, mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan mitra Global Polio Eradication Initiative untuk melanjutkan kembali kampanye pada Juli lalu. Namun, kampanye dilakukan dengan tindakan keamanan bagi para pemberi vaksin dan komunitas. Sejauh ini 35 juta anak telah divaksinasi di 13 negara Afrika.


"Hasil ini adalah kabar yang sangat menggembirakan. Ini menjadi bukti bahwa hasil terbaik bisa dicapai saat bekerja sama dengan tekad dan inovasi. Rencana ke depan dalam perang melawan polio, vaksin akan ditingkatkan dan dikenal sebagai vaksin polio oral novel tipe 2 atau nOPV2," terang dr Moeti.

Sumber: okezone

Hari Polio Sedunia, Ini Pesan Khusus dari WHO

Hari Polio Sedunia, Ini Pesan Khusus dari WHO

Hari Polio Sedunia, Ini Pesan Khusus dari WHO

Hari Polio Sedunia, Ini Pesan Khusus dari WHO

Hari Polio Sedunia, Ini Pesan Khusus dari WHO

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya