0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hasil Tes PPPK Guru 2021 Tahap I Ditunda, Honorer Sebut Nadiem...

genpi
genpi - Sat, 25 Sep 2021 14:20
Dilihat: 54

GenPI.co - Kemendikbudristek memutuskan jadwal pengumuman kelulusan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru 2021 tahap I ditunda, yang seharusnya dilakukan pada 24 September 2021.

Sebelumnya, Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, meminta pemerintah menunda pengumuman hasil seleksi tahap I PPPK untuk guru honorer, karena munculnya berbagai masalah dalam prosesnya.

Ketua Forum Honorer K2 DKI Jakarta Nur Baitih pun angkat bicara.

Nur Baitih mengaku lega dengan keputusan Komisi X DPR RI dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Yaitu meminta Panselnas menunda pengumuman kelulusan PPPK guru 2021 tahap I, dan ditetapkannya peningkatan afirmasi bagi guru honorer yang tidak memenuhi passing grade.

"Kami atas nama honorer K2 mengapresiasi kinerja Komisi X dan secara khusus kepada Mendikbudristek. Mas Nadiem sudah menyelamatkan guru honorer peserta tes PPPK 2021," kata Nur kepada JPNN, Jumat (24/9/2021).

Hasil rapat Komisi X DPR RI dengan Nadiem, ujar dia, membuktikan negara tidak tutup mata terhadap masalah yang menimpa guru honorer dalam rekrutmen PPPK 2021.

Nur Baitih juga melihat DPR dan Menteri Nadiem begitu peduli dengan aspirasi guru honorer.

Seperti diketahui, berbagai keluhan yang gencar disuarakan guru honorer setelah tes PPPK 2021 baik di media sosial, media online, dan sharing lewat zoom dengan anggota DPR. Ternyata usaha tersebut membawa hasil.

"Memang harus seperti ini. Setiap ada masalah harus disampaikan, supaya bisa ada evaluasi untuk ke depannya," kata Nur Baitih.

Karena jika honorer hanya diam dan tidak protes dengan seleksi PPPK guru tahap I, ujar dia, bagaimana mungkin anggota Komisi X dan Nadiem tahu permasalahan di bawah.

Dengan adanya pendundaan pengumuman kelulusan ini, Nur Baitih berharap hasilnya bisa membantu guru honorer yang tidak memenuhi passing grade PPPK 2021 tahap I.

"Dengan penambahan afirmasi, saya yakin teman-teman guru honorer K2 banyak yang lulus dan mencapai passing grade," harap Nur Baitih.

Sementara itu, Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda mengemukakan tidak selarasnya kisi-kisi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi untuk dipelajari guru honorer sebelum ikut seleksi dengan materi soal yang diujikan.

Hal itu, menurutnya, mengakibatkan persiapan teknis yang dilakukan guru honorer peserta seleksi PPPK tidak banyak berarti.

"Karena kisi-kisi yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi untuk bahan latihan bagi para guru sebelum ikut seleksi sangat jauh melenceng dari materi soal yang diujikan ke peserta PPPK. Akibatnya banyak yang merasa kisi-kisi itu mubazir," kata Syaiful Huda dikutip Antara.

Dia membeberkan rasio tingkat kesulitan soal dengan jumlahnya sebanyak 100 soal dengan durasi waktu 120 menit, juga sangat jauh dari kata proporsional.

Terutama untuk soal-soal dengan pendekatan high order thinking skills (HOTS), yang membutuhkan waktu lebih untuk penalaran.

"Model soal seperti itu belum akrab bagi peserta terutama peserta ujian dengan usia tertentu, sehingga menimbulkan kesulitan yang membuat mereka gagal menyelesaikan soal-soal yang diujikan," ujar Syaiful Huda. (*)

Simak video berikut ini:

Sumber: genpi

Hasil Tes PPPK Guru 2021 Tahap I Ditunda, Honorer Sebut Nadiem...

Hasil Tes PPPK Guru 2021 Tahap I Ditunda, Honorer Sebut Nadiem...

Hasil Tes PPPK Guru 2021 Tahap I Ditunda, Honorer Sebut Nadiem...

Hasil Tes PPPK Guru 2021 Tahap I Ditunda, Honorer Sebut Nadiem...

Hasil Tes PPPK Guru 2021 Tahap I Ditunda, Honorer Sebut Nadiem...

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya