0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hati-Hati! 10 Pekerjaan Ini Rawan Kena Kanker

okezone
okezone - Wed, 29 Jul 2020 06:39
Dilihat: 50
Hati-Hati! 10 Pekerjaan Ini Rawan Kena Kanker

JAKARTA - Banyak pekerjaan yang sebenarnya membahayakan bagi kesehatan. Seperti penambangan batu bara hingga pemadam kebakaran, memiliki risiko penyakit atau kerusakan tubuh.

Tapi banyak juga pekerjaan yang terlihat aman, sebenarnya dapat menimbulkan risiko kurang baik untuk kesehatan. Apalagi jika pekerjaannya ada bahan berbahaya hingga bisa berakibat kanker.

Namun begitu, tidak perlu khawatir dengan memahami bahaya dan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi risikonya.

Melansir dari Business Insider, Rabu (29/7/2020), berikut adalah 10 pekerjaan yang memiliki risiko penyakit kanker. Berikut daftarnya :

1. Pilot

Dalam jurnal JAMA Dermatology, profesi ini dapat terkena tingkat radiasi UV yang lebih tinggi saat terbang. Paparan radiasi UV diketahui meningkatkan resiko seseorang terkena kanker kulit.

Duduk selama satu jam di kokpit pesawat dalam penerbangan dapat mengekspos kulit dengan jumlah radiasi UVA yang sama dengan menggunakan tanning bed selama 20 menit.

Baca Juga: Pekerja Disabilitas Tak Disediakan Fasilitas yang Mudah Diakses, Perusahaan Bakal Disanksi

2. Lifeguards

Profesi ini juga dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat kanker di tempat kerja. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menemukan bahwa sinar UV matahari yang terkuat antara pukul 10.00 sampai 16.00.

Selama jam-jam itu, WHO merekomendasikan supaya setiap orang membatasi paparan sinar matahari dan secara bebas menerapkan tabir surya minimal SPF 15.

Los Angeles County Lifeguard Association, yang mewakili 120 penjaga waktu penuh dan 600 paruh waktu pada saat itu, mengimplementasikan program pada 1990-an untuk menyaring kanker kulit di antara karyawannya. Mengingat peristiwa kematian satu penjaga pantai karena melanoma.

3. Pekerjaan dengan Waktu Duduk yang Lama

Jika Anda termasuk di antara 86% pekerja Amerika yang bekerja di meja sepanjang hari. Pekerjaan tersebut mungkin berdampak buruk pada kesehatan.

Baca Juga: 5 Cara Anti-Sebel saat Bekerja di Hari Senin

Sebuah studi 2009 menemukan bahwa orang yang meningkatkan waktu duduk memiliki tingkat kanker dan kematian yang lebih tinggi secara keseluruhan, bahkan ketika mereka melakukan olahraga setiap hari.

4. Salon Kuku

Pekerja salon kuku dapat terpapar bahan kimia penyebab kanker saat bekerja. Penelitian telah menunjukkan bahwa salon kuku dapat menampung lebih banyak bahan kimia penyebab kanker daripada kilang minyak.


Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun ini dalam jurnal Environmental Pollution menemukan bahwa bahan kimia karsinogenik dapat hadir di banyak salon. Para peneliti memperkirakan bahwa pekerja salon kuku yang dianalisis dalam studi mereka akan memiliki risiko kanker yang lebih tinggi.

Sumber: okezone

Hati-Hati! 10 Pekerjaan Ini Rawan Kena Kanker

Hati-Hati! 10 Pekerjaan Ini Rawan Kena Kanker

Hati-Hati! 10 Pekerjaan Ini Rawan Kena Kanker

Hati-Hati! 10 Pekerjaan Ini Rawan Kena Kanker

Hati-Hati! 10 Pekerjaan Ini Rawan Kena Kanker

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya