0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

Republika Online
Republika Online - Mon, 30 Nov 2020 13:53
Dilihat: 72
Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

JAKARTA -- Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Barcelona menemukan bahwa beberapa orang yang terinfeksi virus corona mengalami berbagai gejala hidung sebelum gejala yang lebih umum mulai terlihat. Secara khusus, penelitian menemukan bahwa gejala seperti hidung kering bisa menjadi pendahulu pasien virus corona yang kehilangan kemampuan untuk mengecap dan mencium.

Dalam beberapa kasus, perlu diperhatikan, gejala hidung terjadi bersamaan dengan hilangnya rasa dan bau. Dilansir di BGR, Senin (30/11) disebutkan, kelompok klinis juga mengalami sensasi aneh di hidung dan hidung kering yang berlebihan lebih sering daripada kelompok kontrol.

Selain itu, 52 persen dari kelompok klinis melaporkan sensasi konstan memiliki mengalami irigasi hidung yang kuat. Hanya tiga persen dari kelompok kontrol (mereka yang tanpa COVID-19) melaporkan hal yang sama.

Para peneliti mencatat gejala hidung terutama terjadi bersamaan dengan anosmia (kehilangan indra penciuman) atau hiposmia (berkurangnya kemampuan mencium).

Secara keseluruhan, daftar gejala virus corona telah tumbuh cukup banyak. Dokter dan peneliti kesehatan terus mempelajari lebih lanjut tentang virus tersebut. Meski begitu, gejala yang paling umum masih cenderung mirip flu, artinya demam, batuk, dan kelelahan cenderung menjadi gejala yang lebih sering dialami pasien virus corona.

7 kelompok gejala covid-19. - (republika)



Bersamaan dengan itu, sebuah penelitian terbaru dari Northwestern Medicine menemukan bahwa 82 persen pasien virus corona yang memiliki gejala cukup parah, sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit juga mengalami berbagai gejala neurologis di beberapa titik selama mereka sakit.

Daftar gejala neurologis yang umum termasuk kehilangan ingatan, kebingungan, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi pada tugas untuk jangka waktu yang lama.

Yang sangat menakutkan adalah banyak pasien virus corona mengalami masalah neurologis yang berkepanjangan bahkan berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah meninggalkan rumah sakit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien virus corona yang lebih tua lebih cenderung mengalami masalah neurologis untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, ada semakin banyak bukti bahwa orang yang selamat dari virus corona dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan paru-paru dan jantung berbulan-bulan setelah diagnosis awal mereka. Bahkan pasien tanpa gejala dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan paru-paru dan jantung berbulan-bulan kemudian.

"Kami sangat kecewa bahwa sejumlah individu yang telah sembuh total dan tampaknya asimtomatik, ketika mereka melakukan teknologi pencitraan yang sensitif, seperti resonansi magnetik, pencitraan, atau MRI, telah menemukan sejumlah individu yang mengganggu yang mengalami peradangan jantung," kata Dr. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS.


Berita Terkait
  • Batuk Kering Bukan Gejala Covid-19 Paling Umum, Lalu Apa?
  • Twindy: Waspada, Gejala Covid-19 Beragam
  • Twindy Sesak dan Saturasi Oksigennya Drop Saat Kena Covid-19
Berita Lainnya
  • Biadab! Boko Haram Bantai 110 Petani
  • Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

Hidung Kering Jadi Gejala Baru Virus Corona

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya