0
Thumbs Up
Thumbs Down

Horee! Pemerintah Dukung Wirausahawan Milenial

genpi
genpi - Mon, 21 Jun 2021 18:25
Dilihat: 35

GenPI.co - Pemerintah kini menyasar pengembangan kewirausahaan bagi generasi milenial. Goal-nya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kini mendukung generasi milenial untuk menumbuhkan dan mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tanah air.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti mengatakan bahwa dukungan tersebut diwujudkan dalam beberapa upaya.

"Kami akan melakukan pendampingan pengusaha serta pemberian fasilitas pembiayaan, manajemen, legislasi, kemitraan, dan digitalisasi usaha," katanya dalam acara virtual KKP, Kamis (17/6).

Menurut Artati, sebanyak 15,6 persen pekerja di Indonesia terkena. Sementara itu, 13,8 persen diantaranya tidak mendapatkan pesangon dengan mayoritas berusia 15-24 tahun.

"Miris jika kita melihat dampak pandemi, tapi di sisi lain, kita bisa bangkit dan membaca peluang dengan menjadi wirausahawan," ujarnya.

Artati memaparkan bahwa pandemi covid-19 menunjukkan adanya perubahan pola pikir, daya beli, dan perilaku masyarakat Indonesia.

Perilaku konsumen Indonesia saat ini adalah lebih percaya informasi di media sosial, memilih ponsel dibandingkan televisi, dan menyukai transaksi non-tunai.

"Terdapat peningkatan lebih dari 60% konsumen melakukan pembelian secara online untuk berbagai macam kategori. Ini artinya, pandemi mengakselerasi kehidupan digital," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Usaha dan Investasi Ditjen PDSPKP Catur Sarwanto mengatakan bahwa KKP menargetkan ada 1.290 pembinaan wirausaha di sektor kelautan dan perikanan hingga 2024.

Catur menuturkan bahwa Ditjen PDSPKP telah menggandeng Go UKM training center selama 2 bulan ke depan untuk melatih dan mendampingi para calon wirausaha.

"Pada 2021 kami menargetkan munculnya 200 wirausaha baru di bidang pengolahan hasil kelautan dan perikanan. Saat ini, sedang dilakukan seleksi terhadap lebih dari 1.000 pendaftar yang didominasi kaum milenial untuk program ini," tuturnya. (*)

Video seru hari ini:

Sumber: genpi

Horee! Pemerintah Dukung Wirausahawan Milenial

Horee! Pemerintah Dukung Wirausahawan Milenial

Horee! Pemerintah Dukung Wirausahawan Milenial

Horee! Pemerintah Dukung Wirausahawan Milenial

Horee! Pemerintah Dukung Wirausahawan Milenial

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya