0
Thumbs Up
Thumbs Down

'HRS Punya Itikad Baik, Tapi Caranya Dipandang Berbeda'

Republika Online
Republika Online - Tue, 24 Nov 2020 04:25
Dilihat: 244
'HRS Punya Itikad Baik, Tapi Caranya Dipandang Berbeda'

JAKARTA -- Ketua Forum Ulama Ummat Indonesia (FUUI), KH Athian Ali menilai pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sebetulnya memiliki itikad baik untuk Indonesia. Tetapi dia mengakui caranya memang berbeda dari yang lain.

"Saya tahu siapa Habib Rizieq, sekeras apapun ucapannya, insya Allah beliau mempunyai itikad baik untuk negeri ini, hanya mungkin caranya dipandang agak berbeda, tetapi tujuannya sama, maka tinggal kita samakan saja langkah-langkah itu," ujar dia kepada Republika.co.id, Senin (23/11).

Athian mengingatkan, HRS dengan seluruh pengikutnya merupakan warga negara Indonesia. Mereka juga bagian dari rakyat yang perlu disikapi secara bijak dan adil oleh pemerintah dan aparat. Karena itu, dia berharap pemerintah bisa mengayomi dan merangkul mereka sebagaimana warga negara yang lain.

"Kita selalu menggembar-gemborkan persatuan dan kesatuan. Mari kita wujudkan. Saya berusaha memposisikan diri saya senetral mungkin. Saya lihat, ini terlalu dibesar-besarkan. Kerumunan seperti itu bukan terjadi pada kali ini, pernah sekian kali terjadi pada peristiwa yang lain dan tidak ada langkah seperti ini," tuturnya.

Pemerintah, lanjut Athian, harus betul-betul adil, dari semua yang melanggar itu mendapat teguran. Kalau rakyat melihat ada yang ditegur ada yang tidak, maka ini bisa menimbulkan rasa ketidakpercayaan hingga akhirnya bisa menimbulkan pembangkangan

"Anak dua saja kalau diperlakukan tidak adil bisa berontak, apalagi rakyat yang sekian juta. Jadi bijaksanalah, adillah dalam menjalankan aturan sehingga semua rakyat merasa terayomi dan mendapatkan haknya secara adil," tuturnya.

Menurut Athian, langkah yang diambil sejauh ini, terkait persoalan HRS, kurang persuasif dan bijak. "Saya yakin masih banyak langkah lain yang bisa dilakukan pemerintah lewat pendekatan lain. Jadi memang tinggal cara saja, bagaimana kita bisa lebih bijaksana," ujarnya.

Athian mengambil contoh soal pernyataan agar FPI dibubarkan. Menurutnya ini justru kiat membuat suasana makin gaduh, apalagi sampai mencopot pejabat kepolisian. Dia mengakui, apa yang disampaikan HRS saat baru tiba di Jakarta, yakni soal ancaman revolusi berdarah, memang mengejutkan banyak pihak termasuk dirinya.

Meski begitu dia memahami posisi HRS yang selama tiga tahun merasa diasingkan. Sehingga HRS mengeluarkan pernyataan tersebut karena mungkin emosinya yang selama ini tertahan pun meluap.

"Beliau mungkin merasa selama ini menjadi orang yang terbuang dan diasingkan, tiga tahun tidak bisa pulang ke negerinya sendiri. Dari sisi ini saya bisa memahami kalau kemudian timbul luapan emosi. Saya juga agak terkejut mendengar ceramahnya, tetapi saya bisa memahaminya," ujarnya.


Berita Terkait
  • Ariza Diajukan 46 Pertanyaan oleh Penyidik Polda Metro
  • Camat Tebet Bantah Acara Maulid HRS Jadi Klaster Covid
  • Karangan Bunga untuk Pangdam Jaya Vs Tagar #DudungBaliho
Berita Lainnya
  • 'HRS Punya Itikad Baik, Tapi Caranya Dipandang Berbeda'
  • Jelang HUT OPM, Polri Masyarakat Tak Memperingatinya

'HRS Punya Itikad Baik, Tapi Caranya Dipandang Berbeda'

'HRS Punya Itikad Baik, Tapi Caranya Dipandang Berbeda'

'HRS Punya Itikad Baik, Tapi Caranya Dipandang Berbeda'

'HRS Punya Itikad Baik, Tapi Caranya Dipandang Berbeda'

'HRS Punya Itikad Baik, Tapi Caranya Dipandang Berbeda'

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya