0
Thumbs Up
Thumbs Down

Huawei Terus Dorong Penerapan Kecerdasan Buatan

Republika Online
Republika Online - Fri, 25 Sep 2020 22:42
Dilihat: 137
Huawei Terus Dorong Penerapan Kecerdasan Buatan

SHANGHAI--Memasuki revolusi industri 4.0, segala aspek kehidupan kian akrab dengan penerapan teknologi. Hal itu pun mendorong Huawei untuk menghadirkan sarana dari aspek teknologi komunikasi dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Untuk dapat lebih menggelorakan penerapan AI, perusahaan yang berbasis di Cina itu pun kembali menggelar ajang Huawei Connect 2020 di Shanghai. Dalam sesi Huawei Asia Pacific Ascend Ecosystem Online Forum 2020, President of Computing Business Unit Huawei Asia Pacific, Chang Xin mengatakan bahwa AI merupakan sebuah teknologi yang memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan.

"AI merupakan sebuah kombinasi antara teknologi, seni dan kreatifitas. Lewat teknologi ini, maka setiap tindakan dapat dilakukan secara terintegrasi, lebih sederhana, lebih mudah dan lebih optimal," kata Chang Xin dalam sesi yang ditayangkan secara live lewat web Huawei pada Jumat (25/9).

Meski memiliki sejumlah keunggulan, namun Huawei menyadari bahwa penerapan teknologi ini membutuhkan upaya dan komitmen yang kuat. Oleh karena itu, Huawei pun menggelar Ascend Partner Program.

"Lewat program ini, kami mengajak para mitra untuk dapat lebih kenal dengan beragam teknologi AI. Oleh karena itu, kami juga aktif memberikan pelatihan, kesempatan untuk praktek dan transfer teknologi serta memberikan dukungan finansial," ucapnya.

Program yang holistik itu pun otomatis disambut pata mitra dengan antusias. Menurutnya, di Asia Pasific saja, program ini telah berhasil merangkul ratusan mitra.

Sejumlah mitra yang terlibat dalam program ini merupakan mitra dari berbagai pihak mulai dari individual developer, pemerintah, universitas serta independent software vendor (ISV).

Dalam kesempatan itu, perwakilan dari Pemerintah Indonesia pun diberi kesempatan untuk menyampaikan pandanganya soal urgensi penerapan AI. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Nizam mengatakan, AI memiliki peranan penting dalam segala bidang karena mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

"Hal itu pun mendorong Pemerintah Indonesia untuk menetapkan strategi nasional dalam soal kecerdasan artifisial Indonesia dalam kurun waktu 2020 hingga 2045. Dalam strategi itu, fokus penerapan diprioritaskan dalam lima bidang," kata Nizam.

Kelima bidang itu sendiri adalah bidang pendidikan dan riset, kesehatan, mobilitas dan smart city, ketahanan pangan dan reformasi birokrasi. Untuk mewujudkan strategi itu, lanjut dia, maka Dirjen Dikti Kemendikbud pun telah menjalin kerja sama dengan Huawei.


Kerja sama itu mencakup soal E-Learning dan transfer informasi antara perguruan tinggi di Indonesia dan para pakar dari Huawei. Selain itu, kerja sama ini juga mencakup pelatihan sumber daya manusia (SDM) soal teknologi terbaru soal AI.

Berita Terkait
  • Huawei Dapat Sedikit Harapan di Tengah Sanksi Amerika
  • Kecerdasan Buatan Diprediksi Jadi Bagian dari New Normal
  • Ragam Cara Kecerdasan Buatan Bantu Manusia Saat Pandemi
Berita Lainnya
  • TPS Keliling Dinilai tak Memungkinkan untuk Luar Jawa
  • Huawei Terus Dorong Penerapan Kecerdasan Buatan

Huawei Terus Dorong Penerapan Kecerdasan Buatan

Huawei Terus Dorong Penerapan Kecerdasan Buatan

Huawei Terus Dorong Penerapan Kecerdasan Buatan

Huawei Terus Dorong Penerapan Kecerdasan Buatan

Huawei Terus Dorong Penerapan Kecerdasan Buatan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya