0
Thumbs Up
Thumbs Down

Idul Adha, Rumah Zakat Targetkan 1 Juta Penerima Superqurban

Republika Online
Republika Online - Thu, 18 Jul 2019 09:15
Dilihat: 36
Idul Adha, Rumah Zakat Targetkan 1 Juta Penerima Superqurban

JAKARTA -- Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irvan Nugraha menuturkan, Rumah Zakat menargetkan 15 ribu pekurban dan satu juta penerima paket Superqurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Penyaluran paket-paket Superqurban ini ditargetkan ke delapan negara termasuk Indonesia.

"Targetnya satu juta paket Superqurban yang kita akan bagikan kepada masyarakat. Penyalurannya kita targetkan ke delapan negara, terutama daerah-daerah yang memang terjadi konflik. Seperti ke (warga) Rohingya, daerah-daerah di Timur Tengah, dan Afrika," kata dia di Jakarta, Rabu (17/7).

Tak hanya itu, paket-paket Superqurban juga akan disalurkan ke 1.453 Desa Berdaya yang menjadi program Rumah Zakat di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Rumah Zakat, selain melakukan distribusi secara reguler, juga menyiapkan stok paket Superqurban untuk masyarakat korban bencana alam.

"Program Superqurban ini juga untuk merespons bila terjadi peristiwa bencana atau untuk daerah-daerah lain yang kondisinya membutuhkan pangan. Jadi bisa kita gunakan untuk stok pangan. Kita sudah siapkan pangannya, tinggal kirim," jelasnya.

Irvan menambahkan, Superqurban tidak langsung habis hanya dalam waktu tiga hari pada Hari Idul Adha dan Hari Tasyrik. Daging Superqurban yang telah dimasak dan dapat langsung dikonsumsi ini bisa menjadi stok pangan selama setahun. "Praktis, karena ini sudah dimasak, langsung bisa dimakan," tuturnya.

Superqurban, lanjut Irvan, juga sudah sesuai syariah karena disembelih pada Hari Idul Adha dan Hari Tasyrik. "Kita sudah meminta rekomendasi atau opini dari Majelis Ulama Indonesia, Alhamdulillah Superqurban sesuai syariah, dan penyalurannya bisa sepanjang tahun," papar dia.

Dengan demikian, Rumah Zakat bisa merencanakan penyaluran Superqurban ini secara merata dengan sebaran yang lebih luas lagi, tanpa takut mubazir. Saat ini pun sudah ada daerah terdampak bencana yang menerima paket Superqurban, yakni Halmahera Selatan yang terdampak bencana gempa.

"Tentu ada beberapa titik di mana masyarakat mengungsi. Kita buka dapur umum, lalu kita suplai Superqurban. Ini sudah kita kirim ke Halmahera. Teman-teman juga sudah ada di sana," kata dia.

Irvan menjelaskan, komposisi distribusi Superqurban, yaitu 55 persen untuk 1.453 Desa Berdaya, 25 persen untuk daerah terdampak bencana, 5 persen disimpan sebagai stok pangan, dan sisanya disesuaikan dengan permintaan para pekurban.


"Para pekurban tetap ada hak dari hewan yang dikurbankan. Jadi kita alokasikan 12 sampai 15 persen untuk disalurkan sesuai permintaan dari pekurban. Ada pekurban yang tidak memakannya tapi dia mengambil haknya untuk disalurkan ke kampungnya karena ingin merasakan pengalaman menyalurkan kornet dari Superqurban ini.

Berita Terkait
  • Rumah Zakat Percantik Desa dengan Tanaman Obat
  • Superqurban Hadirkan Senyuman Anak Panti Asuhan
  • BPJSTK dan Rumah Zakat Serahkan Bantuan ke Warga Baduy
Berita Lainnya
  • Dua Universitas Australia Diduga Terkait Pelanggaran HAM di China
  • Formula E Jakarta Bisa Jadi Ajang Unjuk Kemampuan Indonesia

Idul Adha, Rumah Zakat Targetkan 1 Juta Penerima Superqurban

Idul Adha, Rumah Zakat Targetkan 1 Juta Penerima Superqurban

Idul Adha, Rumah Zakat Targetkan 1 Juta Penerima Superqurban

Idul Adha, Rumah Zakat Targetkan 1 Juta Penerima Superqurban

Idul Adha, Rumah Zakat Targetkan 1 Juta Penerima Superqurban

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya