0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ilham Habibie: Kita Baru Bisa Membayangkan Normal Baru

Republika Online
Republika Online - Thu, 25 Jun 2020 14:37
Dilihat: 30
Ilham Habibie: Kita Baru Bisa Membayangkan Normal Baru

JAKARTA -- Ketua Dewan Pembina The Habibie Center Ilham Akbar Habibie mengatakan, saat ini belum diketahui secara rinci dan ini yang kemungkinan disebut sebagai normal baru. Hal itu ia sampaikan ketika ia menjawab pertanyaan mengenai keseimbangan antara dunia offline dengan online atau online dengan onsite.

"Kita sudah bisa membayangkan apa itu normal baru, namun kita belum berada sepenuhnya karena kita masih sangat terkungkung dengan adanya kondisi serta situasi saat ini akibat ancaman pandemi Covid-19," kata Ilham Habibie dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (25/6).

Ilham menekankan kembali, terdapat sejumlah efek akibat pandemi Covid-19. Salah satunya kehadiran teknologi di mana sudah sangat jelas hadirnya teknologi daring atau online menjadi keniscayaan dalam kehidupan apapun, baik di bisnis, pendidikan, kesehatan dan sebagainya.

Ilham menilai pandemi Covid-19 telah membuat lompatan besar dalam transformasi digital dalam berbagai aspek kehidupan di Indonesia dan dunia. "Mungkin kita sudah menyadari kemajuan teknologi tersebut sejak lama. Namun, adanya Covid-19 ini seperti mengalami lompatan besar," kata dia.

"(Covid-19) membuat kita melompat selama beberapa tahun ke depan sehingga dengan segera kita harus melakukan hal tersebut karena kalau tidak maka kita tidak bisa menjalankan hidup sesuai dengan keinginan," ujar Ilham.

Sebelumnya pakar manajemen sumber daya manusia dan teknologi informasi Alex Denni menyebut Covid-19 sebagai global chief transformation officer tersukses. Sebab, Covid-19 berhasil mengakselerasi perubahan secara cepat dan radikal di seluruh dunia.

Sebelum masa pandemi Covid-19, dia mengakui, betapa sulitnya menginisiasi sebuah transformasi manajemen SDM akibat birokrasi dan prosedur yang cukup panjang. Alex Denni yang saat ini menjabat sebagai deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN bercerita dirinya pernah menginisiasi flex time management di bank pada 2012.

Untuk menggolkan inisiasi itu, dia harus menghadapi rapat direksi lebih dari tiga kali. Kemudian, dia harus menjalankan pilot project terlebih dulu selama tiga bulan di tiga tempat.

Namun oleh Covid-19, hanya dalam hitungan dua pekan semua orang bisa bekerja dari rumah dan secara fleksibel. Ini tentu saja prestasi yang luar biasa, tidak ada chief transformation officer yang mampu mengalahkan perubahan yang berhasil dilakukan oleh pandemi Covid-19 ini.


Berita Terkait
  • Dishub Surabaya Klaim Rutin Pantau Protokol Kesehatan Ojol
  • Kepada Jokowi, Khofifah Keluhkan Kesadaran Masyarakat
  • Kematian Anak Tinggi, IDAI Nilai Sekolah Belum Siap Dibuka
Berita Lainnya
  • AS Jatuhkan Sanksi Kepada Kapten Kapal Iran
  • Penusuk Wiranto Divonis 12 Tahun Penjara

Ilham Habibie: Kita Baru Bisa Membayangkan Normal Baru

Ilham Habibie: Kita Baru Bisa Membayangkan Normal Baru

Ilham Habibie: Kita Baru Bisa Membayangkan Normal Baru

Ilham Habibie: Kita Baru Bisa Membayangkan Normal Baru

Ilham Habibie: Kita Baru Bisa Membayangkan Normal Baru

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya