0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ilmuwan Rancang Filter Udara Penangkap-Pembunuh Virus Corona

Republika Online
Republika Online - Tue, 14 Jul 2020 20:56
Dilihat: 58
Ilmuwan Rancang Filter Udara Penangkap-Pembunuh Virus Corona

TEXAS -- Para ilmuwan sedang mengeksplorasi cara untuk mematikan virus SARS-CoV-2 sebelum memiliki kesempatan untuk menginfeksi tubuh. Para peneliti dari University of Houston, Amerika Serikat dalam kolaborasi dengan tim lain telah merancang filter udara "tangkap dan bunuh" yang dapat menjebak dan langsung membunuh virus penyebab Covid-19.

Ketika Covid-19 menyebar di seluruh dunia, virusnya memiliki efek yang menghancurkan di daerah-daerah di mana orang sukar menjaga jarak sosial dan udara segar tidak bersirkulasi di ruangan. Ini termasuk di pesawat, angkutan umum, kapal pesiar, dan gedung perkantoran besar.

Sementara maskapai penerbangan dan sektor ekonomi lainnya perlahan-lahan dibuka kembali untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada perekonomian, masyarakat didorong untuk mengenakan masker, terutama di daerah yang padat, di mana jarak fisik tidak dapat dipertahankan. Kemampuan virus menyebar secara airborne telah diperdebatkan sejak awal pandemi dan para ilmuwan masih mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk lebih fokus pada kemampuan virus untuk tetap berada di udara.

Kata WHO tentang kemungkinan virus corona airborne. - (Republika)

Dilansir Health 24, Selasa (14/7) disebutkan, para peneliti dari University of Houston, dengan mempertimbangkan fakta bahwa virus dapat tetap di udara selama hampir tiga jam, menyimpulkan bahwa filter udara dapat membantu mengurangi infeksi. Menurut direktur Texas Center for Superkonduktivitas di University of Houston, Zhifeng Ren, kemampuan filteruntuk membantu mengendalikan penyebaran virus bisa sangat berguna.

Dia juga mengusulkan filter udara berukuran desktop untuk memurnikan udara di lingkungan kantor. Lalu, bagaimana cara kerja filter?

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Materials Today Physics menemukan bahwa 99,8 persen virus terbunuh dalam sekali jalan melalui filter yang terbuat dari busa nikel yang tersedia secara komersial, yang dipanaskan hingga 200 derajat Celcius. Para peneliti menyadari bahwa busa nikel memiliki resistivitas rendah, yang membuatnya sulit untuk cukup panas cukup untuk membunuh virus.

Namun, mereka memecahkan masalah ini dengan melipat busa dan menghubungkan kompartemen dengan kabel listrik untuk meningkatkan kemampuan memanaskan filter. Ketika filter dipanaskan secara listrik, daripada memanaskannya dari sumber eksternal, filter ini meminimalkan panas yang keluar dari filter, yang memungkinkannya berfungsi dengan tekanan minimal


Prototipe ini dirancang dan diuji di laboratorium. Filter akan diproduksi secara bertahap dan dipasok ke tempat-tempat berprioritas tinggi.

Berita Terkait
  • Moeldoko: Pemerintah Lakukan Segala Cara Tekan Jumlah Covid
  • Pernah Positif Covid-19, Idris Elba Trauma
  • New Normal, Belajar dari Umar bin Khattab Saat Wabah
Berita Lainnya
  • Kemenkes Ganti Istilah ODP, PDP dan OTG dengan Suspek
  • Usut Kematian Yodi, Polisi Minta Keterangan Pemilik Warung

Ilmuwan Rancang Filter Udara Penangkap-Pembunuh Virus Corona

Ilmuwan Rancang Filter Udara Penangkap-Pembunuh Virus Corona

Ilmuwan Rancang Filter Udara Penangkap-Pembunuh Virus Corona

Ilmuwan Rancang Filter Udara Penangkap-Pembunuh Virus Corona

Ilmuwan Rancang Filter Udara Penangkap-Pembunuh Virus Corona

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya