0
Thumbs Up
Thumbs Down

Impor Pangan dari China Distop

Nusabali
Nusabali - Tue, 04 Feb 2020 13:09
Dilihat: 25
Impor Pangan dari China DistopJAKARTA,
"Berkaitan dengan impor, negara yang terjangkit ini China, sementara harus dihentikan. Bahkan turis pun sudah disetop," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto disela kunjungannya ke Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (3/2).

Ia menambahkan kebijakan itu dalam rangka menahan penyebaran virus corona ke dalam negeri. "Bahkan seluruh negara sudah demikian. Ini supaya kita tidak terjangkit. Kita ini kan penduduknya 267 juta jiwa. Jadi harus hati-hati," katanya.

Secara spesifik, Agus menyampaikan, impor yang dihentikan sementara itu berkaitan dengan makanan dan minuman. Kebijakan itu berlaku hingga wabah virus corona sudah dapat diselesaikan. "Spesifiknya berkaitan dengan makanan dan minuman itu harus sementara disetop. Ditundalah. Ya bagi pengusaha harus terima, memang begitu kondisinya," ucapnya.

Ia berharap wabah virus corona dapat segera terselesaikan sehingga keadaan kembali normal tanpa kekhawatiran. "Kita nggak tahu sampai kapan. Yang dulu kejadian SARS itu kan kurang lebih sembilan bulan. Mudah-mudahan lebih cepat dari yang dulu. Kita berdoa semua. Ini kan keadaan force majeure. Kita harus hadapi dengan bijak," kata Agus Suparmanto.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya akan berupaya memenuhi pasokan pangan di dalam negeri agar tidak terjadi gejolak harga. "Pak Mendag sudah bilang ini ada persoalan di virus corona yang harus kita waspadai. Jadi, kita siapkan lokal kita. Kita memang men-delay. Tetapi kan tidak boleh kekurangan pasok. Itu yang saya siapkan," ucapnya.

Sementara itu terkait pengehnetian impor, dukungan diberikan oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC. "Terkait pelarangan impor makanan dan minuman tersebut, dari sisi pelabuhan sebagai pintu gerbangnya, kami mendukung keputusan pemerintah untuk kepentingan yang lebih luas," ujar SDVP Komunikasi Korporasi IPC, Fajar Setyono.

Fajar mengatakan bahwa pada prinsipnya kalau dari pelabuhan, IPC mendukung aktivitas ekspor dan impor yang melalui pelabuhan-pelabuhan di IPC khususnya, supaya aktivitas itu tidak ada kendala. "Kami mendukung kebijakan pemerintah dan aktivitas bongkar muat di pelabuhan-pelabuhan IPC tetap berjalan normal," katanya.*ant
Sumber: Nusabali

Impor Pangan dari China Distop

Impor Pangan dari China Distop

Impor Pangan dari China Distop

Impor Pangan dari China Distop

Impor Pangan dari China Distop

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya