0
Thumbs Up
Thumbs Down

Imunisasi Adalah Investasi Kesehatan Anak Indonesia

okezone
okezone - Tue, 17 Nov 2020 16:32
Dilihat: 50
Imunisasi Adalah Investasi Kesehatan Anak Indonesia

JAKARTA - Penasihat Field Epidemiology Training Program (FETP), dr. I Nyoman Kandun mengatakan dari sudut pandang kesehatan, imunisasi jadi investasi masa depan anak Indonesia.

"Imunisasi merupakan investasi masa depan bagi anak Indonesia. Dengan dibekali imunisasi yang melindungi mereka dari penyakit menular, maka anak Indonesia bisa tumbuh sehat secara fisik dan mental. Dengan begitu anak Indonesia bisa tumbuh sehat dan cerdas," ungkap Nyoman dalam dialog KPC PEN secara virtual, Selasa (17/11/2020).

Nyoman mengatakan, imunisasi sangat penting untuk membentuk daya tahan tubuh dalam melawan penyakit tertentu yang merupakan bagian dari upaya mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Imunisasi merupakan interfensi kesehatan masyarakat yang spesifikdan efektif dari segi biaya. Nyoman juga mengatakan salah satu upaya imunisasi yang massif yang pernah dilakukan pemerintah adalah program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dimulai pada tahun 1995. PIN saat itu merupakan program untuk mengeradikasi virus polio.

"Pemberian vaksin oral polio pada 1995-1997 diberikan pada siapa saja, tanpa memandang seseorang itu sudah diberikanvaksin polio secara rutin atau belum. Bagi yang telah mendapat imunisasi polio rutin, maka pemberian kembali vaksin polio akan memperkebal daya tahan tubuhnya. Merekayang belum mendapat vaksin polio, maka bisa dikatakan mendapatkan imunisasi dasar," kata Nyoman.

Baca Juga : 8 Provinsi Laporkan Lebih 100 Kasus Positif Covid-19, DKI Terbanyak Capai 1.037

Baca Juga : Kemendagri Sebut Pelaksanaan Pilkada 2020 Masih Kondusif dan Terkendali

PIN, ungkap Nyoman, saat itu bertujuan untuk mengeradikasi polio di Indonesia. Masyarakat perlu mengetahui tahap-tahap penanganan penyakit menular, yaitu mengontrol, mengeliminasi dan mengeradikasi.


"Mengontrol adalah menekan insiden penyakit menular. Sedangkanmengeliminasi adalah menekan hingga angka yang sangat rendah, bisa sampai nol, tapi virusnya tidak hilang. Mengeradikasi artinya, di samping kita bisa menekan penularan sampai nol, virusnya juga bisa hilang. Seperti misalnya cacar yang tidak ditemukan lagi adanya virus cacar sehingga kita bisa dikatakan menggeradikasi cacar," ujar Nyoman.

Sumber: okezone

Imunisasi Adalah Investasi Kesehatan Anak Indonesia

Imunisasi Adalah Investasi Kesehatan Anak Indonesia

Imunisasi Adalah Investasi Kesehatan Anak Indonesia

Imunisasi Adalah Investasi Kesehatan Anak Indonesia

Imunisasi Adalah Investasi Kesehatan Anak Indonesia

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya