0
Thumbs Up
Thumbs Down

In Picture: Singapura Dorong Indonesia Percepat Implementasi 5G

Republika Online
Republika Online - Sat, 23 Jan 2021 01:56
Dilihat: 70
In Picture: Singapura Dorong Indonesia Percepat Implementasi 5G

JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura S. Iswaran mendorong Indonesia mempercepat implementasi jaringan 5G di Indonesia. Menurut Menkominfo Singapura, selain isu pelindungan data dan talenta digital, Singapura mendorong peningkatan konektivitas digital kedua negara.

Hal itu disampaikannya saat bertemu bilateral dengan Menteri Kominfo RI Johnny G Plate di sela-sela pertemuan Menteri Digital ASEAN atau ASEAN Digital Ministers' Meeting (ADGMIN).
"Kami berharap dapat terjadi pertukaran pengalaman dan best-practices antara Indonesia dan Singapura untuk mempercepat implementasi 5G di dua negara," Iswaran yang dikutip dalam keterangan tertulis Menkominfo RI, Jumat (22/1).
Saat ini, Singapura menargetkan seluruh wilayah negaranya akan terjangkau jaringan 5G sampai dengan tahun 2025.
Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan Indonesia baru merencanakan showcasing jaringan 5G di beberapa fasilitas publik strategis di tahun 2021 ini.Sebab, saat ini Pemerintah masih fokus dalam pengembangan jaringan 4G seluruh wilayah.
Johnny pun mendorong para operator seluler untuk segera mengembangkan opsi teknologi dan skema layanan 5G di Indonesia. Sebab, keberadaan jaringan 5G ini akan semakin memperkuat upaya Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan konektivitas nasional dalam rencana besar transformasi digital.
"Dalam dua tahun ke depan, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan operator seluler untuk menghadirkan jaringan 4G di seluruh desa/wilayah di Indonesia," ujarnya.
Dalam pertemuan itu, kedua menteri membahas agenda penjajakan Indonesia dan Singapura untuk memperbarui nota kesepahaman kerja sama di bidang teknologi dan informatika (TIK). Nota kesepahaman diharapkan dapat meningkatkan kerja sama kedua negara yang sudah ada sejak 2007 silam, khususnya lebih relevan dengan perkembangan digital terkini, termasuk pelindungan dan kedaulatan data.
"Nota Kesepahaman ini juga diharapkan dapat merefleksikan prinsip-prinsip nasional Indonesia terutama yang terkait dengan pelindungan data pribadi yang akan tercakup dalam Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi," kata Johnny.
Johnny mengatakan Indonesia, menghargai dan amat terbuka dengan prakarsa peningkatan kerja sama ini. Menurutnya, selain pelindungan data, isu pertukaran data lintas batas negara (cross-border data flow) juga semakin krusial untuk dibahas secara komprehensif, mengingat pertukaran data ini dapat mendorong perkembangan sektor ekonomi yang lebih masif.
Sebagai gambaran, kebijakan yang lebih pasti terkait pertukaran data lintas batas negara akan mendukung ekspansi perusahaan dan Indonesia ke negara ASEAN lainnya.

"Karenanya, kita perlu membahas kerangka atau protokol kerja sama pertukaran data ini yang lebih konkret, yang menjunjung tinggi prinsip lawfulness, fairness, transparency dan juga prinsip reciprocity," kata Johnny.

Ia mengatakan, Nota Kesepahaman antara Singapura dan Indonesia juga akan mencakup kerja sama pengembangan talenta digital di dua negara. Sama halnya dengan Indonesia, Singapura juga menyoroti pentingnya peningkatkan keterampilan teknis digital, seperti pemahaman terkait Artificial Intelligence (AI) dan Internet-of-Things (IoT), karena ini yang dibutuhkan industri sekarang.
Karenanya, Menteri Iswaran juga memberikan apresiasi atas inisiatif pengembangan talenta digital yang sangat menyeluruh, mulai dari keterampilan tingkat dasar, menengah, hingga lanjutan.

Namun, ke depannya, Nota Kesepahaman antara Singapura dan Indonesia akan dibahas lebih lanjut secara internal Kementerian Kominfo dan juga dengan Kementerian/Lembaga terkait lainnya, seperti Kementerian Luar Negeri.



Berita Terkait
  • Singapura Berharap Sinergi Kuat dengan Joe Biden
  • Filipina Catat Total 504 Ribu Kasus Covid-19
  • AS dan Singapura Ikut Investigasi Kecelakaan Sriwijaya Air
Berita Lainnya
  • Pulse Alkhobar, Upaya Saudi Lepas Ketergantungan dari Minyak
  • In Picture: Singapura Dorong Indonesia Percepat Implementasi 5G

In Picture: Singapura Dorong Indonesia Percepat Implementasi 5G

In Picture: Singapura Dorong Indonesia Percepat Implementasi 5G

In Picture: Singapura Dorong Indonesia Percepat Implementasi 5G

In Picture: Singapura Dorong Indonesia Percepat Implementasi 5G

In Picture: Singapura Dorong Indonesia Percepat Implementasi 5G

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya