0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ingin Tua tapi Tetap Sehat? Coba Tips Latihan Angkat Kaki Rutin

genpi
genpi - Sun, 22 May 2022 00:00
Dilihat: 57

GenPI.co Bali - Demi bisa merasakan masa tua dengan tubuh tetap sehat ternyata bisa dicapai dengan cara ikuti beberapa tips latihan angkat kaki secara rutin.

Siapa yang tak mau umur panjang? Ada kalanya memasuki masa penuaan, kita selalu merasakan sistem kerja tubuh langsung menurun.

Nah, untuk memutar balik dampak buruk di hari tua, ada kalanya Anda melakukan latihan mengangkat jari kaki hingga bagian kaki atas dengan bertumpu pada tumit yang bisa berikan manfaat besar.

Tips ini bukan cuma untuk keseimbangan, memperkuat otot-otot kaki bagian bawah, meningkatkan mobilitas melainkan juga berikan keuntungan utama untuk penuaan yang sehat.

Hal ini dibenarkan oleh Grayson Wickham, DPT, CSCS, pendiri Movement Vault yang mengatakan betapa ajaibnnya latihan sederhana tersebut.

"Mengangkat kaki adalah latihan yang bagus untuk membantu Anda membangun kekuatan, mobilitas, dan stabilitas pada otot yang terletak di bagian depan pergelangan kaki dan kaki bagian bawah," ujar Grayson Wickham.

Di sisi lain, latihan ini juga bisa meningkatkan aliran darah ke jantung. Pembuluh darah bergantung pada kontraksi otot untuk membantu aliran darah kembali ke jantung.

Pembuluh darah di sekitar kaki dan pergelangan kaki memiliki waktu yang paling menantang untuk mengembalikan darah ke jantung karena gravitasi dan jarak yang jauh ke jantung.

"Di situlah latihan pergelangan kaki, seperti angkat kaki, berguna. Latihan ini dapat membantu memfasilitasi aliran darah dengan membantu pembuluh darah Anda untuk mengangkut darah (melalui kontraksi otot) kembali ke jantung Anda," imbuhnya.

Wickham menambahkan dalam proses ini juga bakal memasok semua oksigen dan nutrisi ke semua bagian tubuh manusia.

Untuk hasil terbaik, Anda harus menargetkan jumlah repetisi yang lebih tinggi yaitu, melakukannya sebanyak mungkin sampai semampu Anda, menurut Wickham.

Untuk memulainya, pertama-tama berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Dengan bertumpu pada tumit, angkat jari-jari kaki dan bagian depan kaki Anda dari lantai. Hanya tumit Anda yang harus tetap di tanah.

Berhenti sebentar, lalu turunkan kaki Anda ke tanah. Ulangi gerakan ini selama 15-20 kali.

Cobalah lakukan gerakan angkat jari ini dua hingga tiga set setidaknya dua kali seminggu, bersama dengan peregangan pergelangan kaki untuk mempertahankan mobilitas maksimum dan persendian yang sehat. (Ant)

Simak video menarik berikut:

Sumber: genpi

Ingin Tua tapi Tetap Sehat? Coba Tips Latihan Angkat Kaki Rutin

Ingin Tua tapi Tetap Sehat? Coba Tips Latihan Angkat Kaki Rutin

Ingin Tua tapi Tetap Sehat? Coba Tips Latihan Angkat Kaki Rutin

Ingin Tua tapi Tetap Sehat? Coba Tips Latihan Angkat Kaki Rutin

Ingin Tua tapi Tetap Sehat? Coba Tips Latihan Angkat Kaki Rutin

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya