0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ini Inovasi Layanan Haji Dalam Negeri 2020

Republika Online
Republika Online - Wed, 19 Feb 2020 07:36
Dilihat: 44
Ini Inovasi Layanan Haji Dalam Negeri 2020

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) melakukan penguatan manasik melalui program manasik sepanjang tahun dan sertifikasi pembimbing ibadah haji. Manasik sepanjang tahun ditargetkan bisa dilaksanakan di 34 provinsi pada 2020.

Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mengatakan, sampai saat ini manasik sepanjang tahun sudah terselenggara di beberapa provinsi. Di antaranya Yogyakarta, Banten, Kalsel, Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Utara, NTT, Bali, Sumatra Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

"Dengan program ini, jamaah dapat setiap waktu mengikuti bimbingan manasik haji. Bersamaan dengan ini juga telah dilakukan penyempurnaan buku manasik agar lebih mudah dipahami jemaah," kata Menag kepada Republika, Selasa (18/2).

Menag mengatakan, setelah sempat tertunda penggunaan Bandara Kertajati untuk jamaah haji, tahun ini resmi ditetapkan sebagai embarkas dan debarkasi bagi jamaah haji asal Jawa Barat. Penggunaan bandara ini diharapkan akan memudahkan keberangkatan dan kepulangan jamaah haji asal Jawa Barat.

Kemenag juga sedang membangun Asrama Haji Jawa Barat di Indramayu yang diharapkan akan dapat digunakan pada musim haji 2021. Selain itu, Kemenag menambah layanan fast track atau jalur cepat keimigrasian.

"Kalau tahun lalu jalur cepat hanya dinikmati jamaah yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, tahun ini akan dinikmati juga jamaah yang berangkat dari Bandara Juanda Surabaya," ujarnya.

Fachrul mengatakan, dengan fast track proses keimigrasian akan dilakukan di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Juanda. Sehingga saat jamaah tiba di Bandara Jeddah atau Madinah, jamaah tidak perlu antri lama dan bisa langsung menuju bis untuk di antar ke hotel.

Ia menambahkan, tahun ini akan ada alokasi kuota haji untuk prioritas lanjut usia (lansia). Di tahun pertama ini dialokasikan sebesar 1 persen dari total kuota jamaah haji reguler.

Ada tiga kategori yang akan mengisi kuota 1 persen itu. Yaitu jamaah lansia di atas 95 tahun dengan masa tunggu tiga tahun berjumlah 441 orang. Jamaah lansia berusia 85-95 tahun dengan masa tunggu 5 tahun sejumlah 1.505 orang. Terakhir kategori jamaah lansia usia 75-85 tahun dengan masa tunggu 10 tahun berjumlah 94 orang.

"Kuota 1 persen ini di luar jamaah haji lansia yang memang akan berangkat tahun ini. Data Siskohat total ada kurang lebih 33 ribu jemaah lansia yang berhak lunas tahun ini sesuai urutan porsinya. Jadi, jika digabungkan total akan ada sekitar 35 ribu jamaah haji lansia yang berangkat tahun ini," ujarnya.

Selain itu, Menag mengatakan, akan ada Pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT). Tahun 2020 ditargetkan ada 56 PLHUT, sebanyak 16 di antaranya sudah diresmikan. Keberadaan PLHUT akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan yang lebih baik, efektif dan efisien.

Di tahun ini juga akan ada revitalisasi asrama haji. Ada 14 dari 24 target asrama haji yang sudah direvitalisasi. Sisanya diharapkan selesai tahun ini sehingga akan meningkatkan kualitas layanan akomodasi jamaah haji. Selain itu, revitalisasi ini juga berdampak pada penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Kemudian rekrutmen petugas haji berbasis Computer Asested Test (CAT). Mulai tahun ini, CAT diberlakukan sejak rekrutmen tingkat Kankemenag di kabupaten dan kota agar lebih transparan," ujarnya.



Berita Terkait
  • Saudi Adopsi Teknologi Pintar untuk Kemudahaan Haji-Umrah
  • Menag Paparkan Kinerja Kementerian Agama RI
  • Pemerintah Terapkan 13 Inovasi dalam Pelayanan Haji 2020
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Ini Inovasi Layanan Haji Dalam Negeri 2020

Ini Inovasi Layanan Haji Dalam Negeri 2020

Ini Inovasi Layanan Haji Dalam Negeri 2020

Ini Inovasi Layanan Haji Dalam Negeri 2020

Ini Inovasi Layanan Haji Dalam Negeri 2020

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya