0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ini jejak inovasi Gojek di 2019

Indotelko
Indotelko - Thu, 16 Jan 2020 05:31
Dilihat: 47
Ini jejak inovasi Gojek di 2019

JAKARTA (IndoTelko) - Gojek mengawali lembaran 2020 dengan kilas balik tujuh solusi utama di 2019 dalam memudahkan kehidupan sehari-hari para pelanggannya. Ketujuh solusi tersebut adalah GoGreener, GoGames, GoCar dan GoRide Instan, Donasi Digital Gojek, PayLater, Fitur Ganti Lokasi GoFood, serta Fitur Keamanan dan Keselamatan Layanan Transportasi Gojek.

Gojek berhasil membuktikan kesuksesannya menjadi aplikasi yang paling dicintai dan lekat di keseharian anak bangsa. Hal ini terlihat dari pertumbuhan total pengguna aktif bulanan yang mencapai 1,5 kali lipat dalam satu tahun terakhir, berdasarkan data dari sebuah platform global independen yang menganalisis penggunaan aplikasi mobile sedunia.

Lekatnya Gojek sebagai aplikasi andalan masyarakat di Indonesia juga ditunjukkan oleh meningkatnya jumlah pesanan terselesaikan (completed orders) di 2019 hingga hampir 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

"Prinsip untuk membuat keseharian pelanggan lebih mudah melalui teknologi adalah dasar dari semua inovasi dan solusi yang Gojek luncurkan. Kami yakin bahwa user experience, kepuasan, dan loyalitas pelanggan merupakan salah satu kunci bagi pertumbuhan jangka panjang Gojek, karena itulah kami melakukan pendekatan berbasis produk. Artinya, Gojek memastikan bahwa produk yang kami hadirkan mudah digunakan dan benar-benar menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari pelanggan kami. Harapannya, fokus pada kepuasan pelanggan akan terus meningkatkan loyalitas yang berujung pada peningkatan frekuensi penggunaan aplikasi Gojek," kata Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi, kemarin.

Berikut tujuh solusi Gojek yang hadir di 2019:

GoGreener: Solusi lebih mudah untuk mengadopsi gaya hidup lebih ramah lingkungan. GoGreener merupakan inisiatif yang mengajak seluruh ekosistem Gojek untuk kurangi penggunaan plastik sekali pakai. Inovasi ini mendapat animo luar biasa baik dari konsumen maupun mitra, ditunjukkan oleh meningkatnya jumlah mitra usaha GoFood yang mengadopsi solusi ini hingga 17,4 kali lipat dibandingkan awal 2019. Selama 2019, lebih dari 97% pelanggan GoFood memilih opsi untuk tidak membeli alat makan sekali pakai ketika membeli makanan dan minuman dari outlet yang berpartisipasi dalam program GoGreener. Artinya, GoFood telah menyelamatkan 6,2 ton plastik sekali pakai yang meliputi lebih dari tiga juta alat makan sekali pakai, atau setara dengan lebih dari 3.000 kali tinggi Monas (Monumen Nasional).

GoGames: Solusi lebih mudah untuk memberikan pengalaman terbaik bagi gamers, apapun tingkat ketangkasan mereka. Inovasi Gojek berupa one-stop gaming ecosystem terdepan di Indonesia memberikan berbagai kemudahan untuk gamers, mulai dari melakukan top-up game dengan menggunakan GoPay, mengurasi konten-konten video seputar ketangkasan bermain games, serta memberikan tips dan trik untuk membantu para gamers mengasah ketangkasan, mengatur waktu dan pengeluaran, serta mendapat informasi terkait pro-players dan turnamen-turnamen di tingkat nasional maupun internasional. Antusiasme para gamers terlihat dengan meningkatnya transaksi dalam GoGames hingga tiga kali lipat sejak pertama kali diluncurkan pada September 2019. Tiga permainan dengan top-up transaksi terbanyak di 2019 adalah Free Fire, Mobile Legends, dan Hago.

GoCar dan GoRide Instan: Solusi lebih mudah tingkatkan produktivitas, #GakPakeLama sampai ke tempat tujuan. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan on-the-spot yang dilengkapi oleh solusi pengelolaan antrian sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan hingga 52% untuk GoRide dan 47% untuk GoCar. Selain itu, fitur ini juga berhasil mengurai kemacetan di area penjemputan yang ramai seperti terminal angkutan umum. Sebagai contoh, rata-rata waktu jemput bagi pengguna GoRide di Stasiun Depok Baru lebih cepat 72% dan 57% di Stasiun Sudirman, Jakarta dengan menggunakan fitur GoRide Instan.

Donasi Digital Gojek: Solusi lebih mudah berbagi kebaikan untuk sesama. Melalui GoGive, GoPayForGood, dan GoZakat, berbagi kebaikan kini bisa dilakukan dari mana saja, kapan saja. Per 2019, donasi digital dalam ekosistem Gojek telah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 82 miliar yang disalurkan ke lebih dari 400 organisasi non-profit, lembaga keagamaan maupun yayasan di 21 provinsi di Indonesia.

Jumlah ini mencapai hampir seperlima total donasi yang terkumpul di platform Kitabisa.com sepanjang 2018. Sepanjang tahun 2019, donasi digital dengan menggunakan GoPay pada layanan GoGive serta Kode QR GoPay pada ratusan organisasi non-profit tumbuh hingga 11 kali lipat, sedangkan layanan GoZakat meningkat 17 kali lipat setelah diluncurkan November tahun lalu. Kesehatan, Pendidikan, dan Pembangunan Sarana Prasarana merupakan tiga tema donasi di 2019 yang paling banyak mendapatkan dana dari para donatur. Selain kemudahan untuk berdonasi, inovasi donasi digital dari Gojek juga berhasil meningkatkan akuntabilitas dari kampanye sosial yang dilaksanakan, sehingga memudahkan baik pengurus organisasi dalam mengelola donasi maupun donatur dalam mengikuti perkembangan penyaluran dana.

PayLater: Solusi lebih mudah dalam melakukan pembayaran. Fitur ini memudahkan pelanggan Gojek untuk menggunakan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhannya, dengan kenyamanan membayar tagihan secara praktis sekaligus di akhir bulan menggunakan GoPay. Sepanjang tahun 2019, pengguna Gojek yang menggunakan PayLater tumbuh 14 kali lipat, sedangkan transaksi dengan menggunakan PayLater meningkat hingga 22 kali lipat.

Fitur Ganti Lokasi GoFood: Solusi lebih mudah pesan makanan dari manapun, kapanpun, untuk siapapun. Fitur ganti lokasi GoFood ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan mengirimkan berbagai kuliner tidak hanya dari area lain di kota yang sama, tapi juga dari kota dan negara yang berbeda. Sepanjang 2019, fitur ganti lokasi telah mempererat kebersamaan para pelanggan GoFood dari Sabang sampai Merauke, di mana per Desember 2019, jumlah transaksi fitur ini meningkat lebih dari 48 kali lipat dibandingkan bulan pertama diluncurkan pada Februari 2019. Tiga menu yang paling banyak dipesan menggunakan fitur ini adalah es kopi susu, paket ayam geprek, dan nasi goreng.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Layanan Transportasi Gojek: Solusi lebih aman dan nyaman dalam menggunakan layanan transportasi online Gojek. Di tahun 2019, solusi fitur keamanan dan keselamatan Gojek semakin komprehensif dengan kehadiran fitur Tombol Darurat, Bagikan Perjalanan, dan asuransi bagi penumpang maupun mitra driver. Inovasi ini melengkapi beragam solusi keamanan dan keselamatan Gojek yang penerapannya diwujudkan dalam tiga pilar: Pencegahan, Perlindungan, serta Penanganan yang Sigap dan Responsif.

Semakin diandalkannya aplikasi Gojek terlihat dari peningkatan jumlah pesanan layanan transportasi Gojek sebesar 28% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2019, secara total Gojek telah menempuh perjalanan sejauh 5.000.000.000 kilometer, atau setara dengan 13.000 kali jarak perjalanan bumi ke bulan.(wn)

Read More...

Sumber: Indotelko

Ini jejak inovasi Gojek di 2019

Ini jejak inovasi Gojek di 2019

Ini jejak inovasi Gojek di 2019

Ini jejak inovasi Gojek di 2019

Ini jejak inovasi Gojek di 2019

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya