0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ini Jumlah Maksimal Teman yang Bisa Anda Miliki

okezone
okezone - Fri, 18 Oct 2019 22:01
Dilihat: 32
Ini Jumlah Maksimal Teman yang Bisa Anda Miliki

Pernahkah Anda berpikir memiliki terlalu banyak teman? Mungkin memang jumlah teman dan kenalan yang Anda miliki sudah memasuki jumlah maksimal.

Teori Dunbar mengatakan manusia hanya dapat benar-benar mempertahankan sekira 150 teman saja. Namun, apakah aturan itu berlaku di era media sosial saat ini?

Dikutip dari BBC Indonesia, ada batasan yang jelas untuk jumlah teman dan kenalan yang bisa dipertahankan oleh kebanyakan orang.

Tetapi apakah batasan-batasan ini sama di dunia digital saat ini - di mana lazim bagi seseorang untuk memiliki ribuan pengikut di sosial media- menjadi lebih rumit untuk dijawab.

Menurut antropolog Inggris Robin Dunbar, 150 adalah "angka ajaib". Dunbar yakin bahwa ada keterkaitan antara ukuran otak manusia dan ukuran kelompok sosial yang dimilikinya, melalui studinya tentang primata non-manusia.

Rasio ini dipetakan menggunakan pencitraan saraf dan pengamatan atas waktu yang dihabiskan untuk pendekatan, perilaku sosial yang khas dari primata.

Dunbar menyimpulkan bahwa ukuran dari neokorteks seseorang - bagian otak yang berhubungan dengan pengetahuan dan bahasa - terkait pula dengan kapasitas ukuran kelompok sosial. Rasio ini membatasi kompleksitas yang dapat ditangani oleh sistem sesorang untuk interaksi sosial.

Dunbar dan rekan-rekannya menerapkan prinsip dasar ini pada manusia. Mereka memeriksa data historis psikologis, antropologis dan kontemporer tentang ukuran kelompok, termasuk bagaimana kelompok besar bertahan sebelum mereka berpisah atau runtuh.

Mereka menemukan konsistensi luar biasa di sekitar angka 150. Jika suatu kelompok terdiri dari 150 orang, kelompok itu tidak mungkin bertahan lama atau menyatu dengan baik.

(Salah satu implikasi untuk era urbanisasi adalah bahwa, untuk menghindari keterasingan atau ketegangan, penduduk kota harus menemukan sebuah komunitas kecil di dalam kota mereka.)

Tetapi angka 150 saja tidak menceritakan keseluruhan cerita. Menurut teori itu, lingkaran sosial paling kecil hanya terdiri dari lima orang yang benar-benar akrab.


Diikuti 15 lapisan berturut-turut (teman baik), 50 (teman biasa), 150 (kontak yang berarti), 500 (kenalan) dan 1500 (orang yang bisa Anda kenali). Menurut Dunbar dan banyak peneliti yang ia pengaruhi, aturan 150 ini berlaku pada masyarakat pemburu di zaman dulu hingga kelompok sosial modern, di kantor, pabrik, tempat perkemahan, organisasi militer, desa-desa Inggris abad ke-11, bahkan daftar kartu Natal.

Sumber: okezone

Ini Jumlah Maksimal Teman yang Bisa Anda Miliki

Ini Jumlah Maksimal Teman yang Bisa Anda Miliki

Ini Jumlah Maksimal Teman yang Bisa Anda Miliki

Ini Jumlah Maksimal Teman yang Bisa Anda Miliki

Ini Jumlah Maksimal Teman yang Bisa Anda Miliki

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya