0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ini Langkah Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Daerah

wartaekonomi
wartaekonomi - Fri, 20 Nov 2020 20:45
Dilihat: 37
Jakarta

Kantor Bea Cukai Meulaboh dan Kantor Bea Cukai Luwuk di masing-masing wilayah melakukan upaya dalam menggali potensi ekspor komoditas unggulan daerah dalam rangka meningkatkan kegiatan ekspor dari daerah.

Bea Cukai Meulaboh, Rabu (18/11), bersinergi dengan Pemerintah Aceh Singkil dan Pemkot Subulussalam mengunjungi dua tempat, yaitu Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh Singkil dan Dinas Perkebunan Subulussalam untuk melihat langsung kegiatan produksi komoditi daerah tersebut.

Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis (PKCDT) Bea Cukai Meulaboh, Iwan Anwar, terjun langsung dalam mengumpulkan informasi mengenai kondisi perkebunan di Kotamadya Subulussalam khususnya produk CPO.

Baca Juga: Bea Cukai Musnahkan Belasan Juta Batang Rokok Ilegal di Kalimantan dan Jawa Timur

"Komoditas ini berpotensi ekspor yang besar, mengingat sudah berdiri banyak perusahaan produsen CPO di daerah ini. Bea Cukai Meulaboh bersedia memfasilitasi kegiatan ekspor produk unggulan daerah demi mengoptimalkan potensi daerah," tutur Iwan.

Pemerintah Subulussalam dan Bea Cukai Meulaboh berharap dapat mendorong bersama perwujudan kegiatan ekspor CPO ini. Menurut Iwan, Pemda dapat berkontribusi dengan memetakan, menjelaskan, dan mempermudah pengurusan untuk mewujudkan kegiatan ekspor. Bea Cukai Meulaboh kemudian akan menyediakan semua fasilitas untuk mendukung pelaksanaan ekspor langsung melalui pelabuhan yang tersedia.

"Diharapkan kunjungan ini menjadi alat pemicu komitmen bersama dalam mewujudkan pemaksimalan potensi ekspor unggulan daerah," ujarnya.

Kemudian, dari provinsi berbeda, Bea Cukai Luwuk turut berupaya mendorong ekspor daerah dengan menjadi narasumber dalam forum koordinasi fasilitas ekspor yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (19/11).

Dalam kesempatan sosialisasi ini, Kepala Seksi PKCDT Bea Cukai Luwuk, Nurdiansyah menyampaikan materi tugas dan fungsi Bea Cukai terkait regulasi ekspor dan impor, fasilitas kepabeanan, serta tata niaga border.

Baca Juga: Bea Cukai Soekarno-Hatta Fasilitasi Pelatihan Ekspor PT AeXI

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyebarluaskan informasi dan memperkuat pemanfaatan terkait pelayanan ekspor, agar ke depannya pemda dapat memaksimalkan komoditas daerahnya untuk dapat diekspor ke berbagai negara.

Penulis: ***

Editor: Rosmayanti

Foto: Bea Cukai

Sumber: wartaekonomi

Ini Langkah Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Daerah

Ini Langkah Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Daerah

Ini Langkah Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Daerah

Ini Langkah Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Daerah

Ini Langkah Bea Cukai Gali Potensi Ekspor Daerah

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya