0
Thumbs Up
Thumbs Down

Inilah 6 Tips Menabung Agar Kamu Lebih Hemat Jika Tinggal di Tokyo!

Japanese STATION
Japanese STATION - Fri, 09 Apr 2021 14:57
Dilihat: 135

Baru-baru ini berdasarkan Mercer Cost of Living Survey 2020, Tokyo berada di posisi ke-3 untuk kota paling mahal untuk ditinggali. Namun ini bukanlah hal yang mengejutkan karena seperti yang diketahui, biaya sewa rumah maupun harga buah di ibu kota Jepang tersebut sangatlah mahal.

Namun jangan khawatir, jika kamu berencana atau sedang tinggal di Tokyo, berikut tips menabung agar kamu bisa lebih hemat!

1. Tentukan pengeluaran setiap bulan dan tahunnya(sumber: savvytokyo.com)

Karena Jepang adalah negara yang masih banyak menggunakan uang tunai sebagai pembayarannya, jadi akan sangat mudah untuk mengeluarkan uang seperti membeli kopi di vending machine. Tanpa sadar, uang yang dikeluarkan hari itu ternyata sudah mencapai ribuan yen.

Untuk mengontrol pengeluaran, kamu bisa mencatatnya di kertas ataupun di aplikasi smartphonemu. Jangan lupa untuk menentukan budget pengeluaran bulanan dan tahunanmu.

Budget tahunan adalah pengeluaran besar yang termasuk biaya perpanjangan sewa tempat tinggal, pembayaran pajak, ulang tahun keluarga, liburan dan rencana perjalanan, pernikahan teman dan pengeluaran lain yang sudah bisa kamu rencanakan.

Sedangkan untuk budget bulanan, kamu bisa membaginya lagi ke dalam beberapa kategori seperti makanan, pakaian, rekreasi, dan lain-lain.

Menjadi realistis adalah hal yang paling penting, berapa banyak uang yang bisa kamu tabung jika kamu mengikuti budget yang sudah ditentukan? Dengan mencatat pengeluaranmu, kamu bisa menentukan dan memotong pengeluaran yang kurang penting.

2. Buat strategi dalam belanja bahan makanan(sumber: savvytokyo.com)

Kamu bisa membuat meal plan setiap minggunya, karena dengan merencanakan apa yang akan dibeli untuk satu minggu kedepan, akan mengurangi kemungkinan kehabisan bahan makanan sebelum waktunya atau kemungkinan bahan makanan yang tidak sempat terpakai.

Selain itu, mempersingkat waktu belanjamu seperti membeli bahan makanan secara online, menggunakan jasa delivery, atau berbelanja satu bulan sekali akan membuatmu terhindar dari membeli barang-barang yang tidak kamu perlukan saat berbelanja.

Jangan lupa untuk kenali lingkungan tempat tinggalmu sendiri! Karena biasanya ada toko-toko tersembunyi yang menjual barang dengan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang bagus. Terkadang supermarket lokal juga memiliki waktu-waktu tertentu yang menjual barang tertentu dengan harga yang lebih murah. 

OK Supermarket, Hanamasu, Gyomu Super, Big A dan juga Mirabelle adalah supermarket di Tokyo yang menjual barang-barangnya lebih murah dibandingkan dengan supermarket lain. Kamu juga bisa coba untuk pergi berbelanja setelah jam 7 atau 8 malam, karena supermarket biasanya akan memberikan diskon besar di waktu tersebut dan memberi label kuning atau merah di produknya. Tetapi ada juga supermarket yang memberi diskon pada pagi hari.

3. Manfaatkan poin kartumu(sumber: savvytokyo.com)

Kalau kamu mempunyai kartu membership, manfaatkanlah kartunya karena Jepang sering sekali memberikan reward jika kamu sudah memiliki jumlah poin tertentu seperti barang gratis dan diskon, atau bahkan ada yang memperbolehkanmu membayar dengan poin kartu! 

4. Cobalah beli barang bekas(sumber: savvytokyo.com)

Orang Jepang cenderung memilih untuk membeli barang baru daripada menggunakan barang yang sama selama bertahun-tahun. Akibatnya, banyak toko daur ulang yang dipenuhi dengan furnitur dan barang-barang rumah tangga dengan kualitas bagus serta terlihat baru.

Book Off adalah salah satu toko yang menjual buku dan DVD bekas. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan pakaian, peralatan olahraga, alat musik, perlengkapan bayi, barang elektronik dan barang-barang lainnya di "anak" tokonya seperti HardOff dan Bookoff Super Bazaar.

Ada juga grup Facebook dimana kamu bisa menemukan barang-barang bekas namun bagus lainnya seperti Tokyo Garage Sale, Sayonara Sales Tokyo, Books Garage Sale, dan Tokyo Baby/Toddler/Maternity Resale. Selain itu, di Mottainai Japan orang-orang akan memberikan barang yang sudah tidak diinginkan lagi secara gratis!

5. Gunakan kupon(sumber: savvytokyo.com)

Kupon di Jepang berada di mana saja, kotak surat, aplikasi tertentu seperti McDonald's, official account LINE perusahaan tertentu, dan lain-lain. Karena sekarang banyak kupon yang berbentuk digital, kamu tidak akan kesulitan lagi. Groupon, Ponpare, dan HotPepper Beauty adalah website jual beli dimana kamu akan menemukan berbagai macam diskon untuk barang, layanan, restoran, atraksi, hingga salon rambut.

6. Cerdaslah dalam mencari hiburan(sumber: savvytokyo.com)

Luangkan sedikit waktumu untuk mencari hiburan agar kamu tetap bahagia. Jika kamu suka menonton film, pergilah di hari pertama setiap bulannya karena kebanyakan bioskop seperti Toho Cinemas, Aeon Cinemas, dan Unites Cinemas memiliki "cinema day", di mana kamu bisa menonton hanya dengan ¥1.200 (biasanya ¥1.900). 

Jika mendaftar member di Toho Cinemas dengan membayar ¥300 setiap tahunnya kamu bisa menonton satu film gratis setiap kamu menonton lima film. Setelah jam 8 malam, kamu juga bisa menonton film tengah malam dengan harga ¥1.300. Tak hanya itu, setiap hari Rabu adalah ladies' day di banyak tempat dan kamu cukup membayar ¥1.200 saja.

Di Jepang, berlangganan Netflix hanya perlu membayar ¥990 setiap bulannya. Sedangkan untuk taman hiburan seperti Disneyland dan DIsneysea, tiket akan dijual lebih murah setelah jam 3 sore dan jam 6 sore. Kamu bisa cek websitenya secara rutin untuk mencocokan dengan jadwalmu dan pastikan kamu mendapat harga tiket yang lebih murah ya!


Selain tips menabung di atas, apakah kamu punya tips menabung sendiri yang juga ampuh?

Inilah 6 Tips Menabung Agar Kamu Lebih Hemat Jika Tinggal di Tokyo!

Inilah 6 Tips Menabung Agar Kamu Lebih Hemat Jika Tinggal di Tokyo!

Inilah 6 Tips Menabung Agar Kamu Lebih Hemat Jika Tinggal di Tokyo!

Inilah 6 Tips Menabung Agar Kamu Lebih Hemat Jika Tinggal di Tokyo!

Inilah 6 Tips Menabung Agar Kamu Lebih Hemat Jika Tinggal di Tokyo!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya