0
Thumbs Up
Thumbs Down

Inovasi Pertamina EP Cuman Hemat Jutaan Rupiah

inilahcom
inilahcom - Wed, 19 Jun 2019 02:09
Dilihat: 31
Inovasi Pertamina EP Cuman Hemat Jutaan Rupiah

Jakarta - PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, mempunyai tugas mencari sumber minyak dan gas untuk mencapai target.

Guna mendukung hal itu, PT Pertamina EP senantiasa melakukan inovasi untuk mendukung kehandalan operasi ataupun efisiensi. Salah satunya adalah inovasi dari lapangan Asset 5 Bunyu Field yang terletak di pulau Bunyu, Kalimantan Utara. PEP Bunyu Field berhasil melakukan penghematan biaya operasional Electric Submersible Pump (ESP) sumur B-135 dengan memasang kabel power PLTG ke ESP sewa milik SLB.

Pemasangan kabel power baru sepanjang 445 meter dari Gathering Station 2 (GS2) menuju sumur B-135 ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2019 dan selesai pada tanggal 31 Maret 2019. Selama terhubung dengan jaringan listrik PLTG PEP Bunyu dari tanggal 31 Maret 2019 hingga tanggal 20 Mei 2019, ESP sumur B-135 tidak mengalami gangguan.

Dengan adanya pemasangan kabel power tersebut, operasi sumur ESP B-135 tidak membutuhkan bahan bakar solar atau diesel oil fuel. Inovasi ini dapat menghemat biaya operasional ESP sumur B-135 sebesar tujuh juta rupiah setiap hari.

"Kami memberikan apresiasi untuk tim listrik RAM (Reliability, Availability and Maintainability) sehingga generator sewa tidak digunakan lagi. Satu improvement yang dilakukan tim listrik RAM untuk menghemat biaya operasional dengan tidak lagi membayar sewa generator ESP milik SLB. Hal ini menunjukkan bahwa PEP Bunyu mampu meningkatkan produksi tanpa mengeluarkan biaya operasional yang besar," kata Bunyu Field Manager Julfrinson Sinaga, Selasa (18/6/2019).

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa apresiasi yang diberikan untuk memotivasi pekerja untuk terus meningkatkan kinerjanya. "Ini merupakan wujud nyata komitmen Pertamina EP Bunyu terhadap peningkatan produksi dan keselamatan kerja dalam operasionalnya," kata dia.

PEP Bunyu merupakan salah satu lapangan minyak dan gas bumi yang beroperasi di bawah pengawasan Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5). Wilayah operasi PEP Bunyu terletak di Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan.

Berdasarkan data Mei 2019, produksi minyak mentah (YTD) PEP Bunyu berkisar pada angka 5.613 barrel oil per day (BOPD) Sedangkan untuk produksi gas bumi (YTD) berkisar pada angka 7,534 million standard cubic feet per day (MMSCFD). Kontribusi minyak PEP Bunyu sebesar 31,6% dari produksi PEP Asset 5. Sedangkan kontribusi gas bumi sebesar 51,9% dari produksi PEP Asset 5. [ipe]

Sumber: inilahcom

Inovasi Pertamina EP Cuman Hemat Jutaan Rupiah

Inovasi Pertamina EP Cuman Hemat Jutaan Rupiah

Inovasi Pertamina EP Cuman Hemat Jutaan Rupiah

Inovasi Pertamina EP Cuman Hemat Jutaan Rupiah

Inovasi Pertamina EP Cuman Hemat Jutaan Rupiah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya