0
Thumbs Up
Thumbs Down

Istana Siak Dibuka untuk Umum

Republika Online
Republika Online - Fri, 15 Nov 2019 15:20
Dilihat: 20
Istana Siak Dibuka untuk Umum

SIAK -- Istana Asserayah Hasyimiah Siak Sri Inderapura (Istana Siak) di Kabupaten Siak, Riau, kembali dibuka setelah sempat ditutup sehari sebelumnya, Jumat (15/11). Penutupan Istana Siak diduga akibat kisruh ahli waris yang mengklaim memiliki surat wasiat asli dari kesultanan atas kepemilikan istana tersebut.

"Iya, saya pastikan Jumat ini sudah dibuka," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Siak.Tengku Said Hamzah.

Petugas Istana Siak mengaku tempat bersejarah itu sudah dibuka kembali untuk umum. "Dari tadi pagi buka, istirahat habis Jumat, pukul 14.00 WIB buka lagi," ujar petugas kepada Antara.

Kepala Dinas Pariwisata Siak, Fauzi Asni juga belum mau berkomentar banyak terkait persoalan ini. Demikian juga dengan Asisten III Sekdakab Siak, Jamaluddin tentang keputusan sempat menutup istana ini masih belum ada keterangan.

Sebelumnya, Istana Siak sempat heboh karena ditutup dan pada saat bersamaan ada pihak mengaku ahli waris menuntut. Salah satunya Tengku Syarifah Nadira yang mengklaim memiliki surat wasiat dari Sultan.

"Ini sudah bertahun-tahun, bulan lalu juga sudah, tapi tak dipedulikan juga. Dulu kami wasiat yang asli memang tak ada, duplikat yang ada, sekarang yang aslinya ada pada kami, kami minta hak kami," katanya.

Dia mengaku rencananya Kamis kemarin akan ada musyawarah terkait masalah tersebut. Akan tetapi tiba-tiba dibatalkan dengan alasan Bupati Siak, Alfedri sedang tidak berada di tempat.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten III Pemerintah Kabupaten Siak, Jamaluddin sehingga musyawarah tidak jadi dilakukan. Padahal, menurut dia, kesepakatan sebelumnya tak ada bupati tidak ada masalah.

"Katanya kemarin kalau tak ada bupati, sekretaris daerah saja, Pak Jamal bisa juga. Saya tak masalah, yang penting apa kata bupati disampaikan. Tapi dapat pesan pagi ini tak jadi," ujarnya.

Terkait masalah ini ia mengaku sudah melakukan berbagai cara mulai dari buat surat pernyataan hingga kronologis. Akan tetapi sampai saat ini juga belum ada tanggapan sehingga dia merasa tidak diperhatikan.

Terlebih lagi, katanya dia dan adiknya yang tidak lagi menetap di Siak mengurus hal ini memakan waktu, biaya, dan tenaga. Bahkan dari Rabu (13/11) mereka tidur di sekitar Istana Siak itu.

"Kami ke sini pakai biaya, waktu dan tenaga. Tadi pagi menginap di istana, kami sudah tak pulang. Nenek moyang kami dari sini, yang punya istana itu. Tapi kami menjerit, sudah tidak diperhatikan dari dulu," ujarnya.


Berita Terkait
  • Kisruh Ahli Waris, Istana Siak Ditutup untuk Umum
  • Istana Siak Dikunjungi 25 Ribu Wisatawan Selama Lebaran
  • Dilarang Berjualan, Pria Ini Nekat Bakar Istana Siak
Berita Lainnya
  • Viola Davis Ikut Tanggapi Martin Scorsese
  • Dompet Dhuafa Ajak Sumbang Sepatu Layak Pakai di EJM 2019

Istana Siak Dibuka untuk Umum

Istana Siak Dibuka untuk Umum

Istana Siak Dibuka untuk Umum

Istana Siak Dibuka untuk Umum

Istana Siak Dibuka untuk Umum

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya