0
Thumbs Up
Thumbs Down

ITB gelar "Rating Kota Cerdas ke-3

Indotelko
Indotelko - Mon, 17 Jun 2019 12:06
Dilihat: 82
ITB gelar "Rating Kota Cerdas ke-3

JAKARTA (IndoTelko) - Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menggelar Rating Kota Cerdas Indonesia ke-3 tahun 2019.

Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi dan Guru Besar ITB Prof Suhono Harso Supangkat telah melaporkan rencana tersebut kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla di Kantor Wapres 14 Juni 2019.

Suhono menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui progres pengembangan kota di Indonesia terkait dengan peningkatan kualitas hidup kota melalui upaya solusi cerdas. "Kegiatan ini akan berlangsung mulai bulan Juli hingga Nopember 2019," katanya dalam keterangan (17/6).

Diungkapkannya, pengukuran aspek solusi cerdas secara sosial, ekonomi dan lingkungan sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi bagian utama penelitian pengukuran.

"Aspek pengungkit atau pemungkin seperti Sumber daya manusia, tata kelola dan infrastruktur menjadi bagian dasar dari kerangka kerja pengukuran. Kali ini data akan menjadi konsiderasi untuk mendapatkan "real time" pengelolaan Smart City yg lebih baik, atau istilahnya Data Driven Smart City," jelasnya.

Dijelaskannya, smart city tidak identik kota plus teknologi, aspek budaya mengenali persoalan dasar kota menjadi sangat penting. Tata kelola cerdas juga penting termasuk penegakan hukum bagi yang melanggar seperti parkir, pedagang kaki lima hingga pembuangan sampah.

Pendek kata keberhasilan kota cerdas adalah kota yang bisa meningkatkan kualitas hidup, minimisasi kemacetan, banjir hingga lingkungan yang hijau.

"Rencananya nanti acara kick off di Istana Wakil Presiden pada minggu ke-2 Juli. Sementara acara puncak akan diselenggarakan di Kota Bandung, kolaborasi ITB dan Pemkot Kota Bandung pada Medio November 2019," tutupnya.

Rencananya, acara puncak akan di selenggarakan bersamaan dengan Smart Cities Week yang mengusung Inovasi dan Transformasi Smart X, meliputi Kota, desa hingga propinsi dan nasional. Ada juga pameran inovasi Internet of Things (IoT), AI, Big Data, dan terkait pendukung smart City. Kompetisi inovasi untuk mendukung transformasi menuju smart X diadakan dengan target peserta organisasi pemerintah daerah maupun start up.(wn)


Read More...

Sumber: Indotelko

ITB gelar "Rating Kota Cerdas ke-3

ITB gelar "Rating Kota Cerdas ke-3

ITB gelar "Rating Kota Cerdas ke-3

ITB gelar "Rating Kota Cerdas ke-3

ITB gelar "Rating Kota Cerdas ke-3

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya