0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jadikan Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Bangli

Nusabali
Nusabali - Tue, 24 Nov 2020 06:12
Dilihat: 218
Jadikan Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Bangli
Cabup Sedana Arta mengatakan sektor pertanian merupakan prioritas pembangunan Bangli yang wajib digarap secara serius. Ini tidak terlepas dari potensi geografis yang dimiliki dan mata pencaharian masyarakat Bangli yang sebagian besar sebagai petani.

Menurut Cabup Sedana Arta, ada beberapa catatan penting yang menjadi kendala selama ini, seperti di Kabupaten Bangli belum tersedia pasar induk hasil pertanian yang mampu menyingkat jalur distribusi antara produsen dengan konsumen. Selain itu belum berkembangnya industri pengolahan pasca panen.

Sedana Arta menilai, pertanian terbukti ampuh sebagai benteng ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Ketika sektor pariwisata yang menjadi andalan perekonomian Bali selama ini mengalami kemerosotan, justru sektor pertanian menjadi alternatif pilihan mata pencarian penduduk.

Seperti diketahui banyak warga yang mulai kembali ke kampung halamannya untuk bertahan hidup dengan bertani. Di samping juga dengan mengadopsi teknologi pertanian, banyak di antara mereka yang mengembangkan urban farming dengan sistem pertanian hidroponik yang dapat diterapkan di lahan-lahan pekarangan dan perkotaan yang sempit.

Lanjutnya, program yang dirancang, yakni pembangunan pasar induk hasil pertanian.

Untuk memajukan sektor pertanian, bahkan dirancang pasar induk di masing-masing Kecamatan sesuai dengan potensi masing-masing wilayah. "Untuk peningkatan sektor pertanian yang terpenting adalah adanya keberpihakan program dari Pemerintah. Terlebih pembangunan pasar induk hasil pertanian masyarakat Bangli," ungkap Ketua DPC PDIP Bangli ini, Senin (23/11).

Dia mencontohkan pembangunan di Kintamani yang notabene lahan terbilang luas. Selain itu, pasangan calon yang diusung PDIP bersama Demokrat, Gerindra, PKPI dan Hanura ini memiliki rancangan untuk membangun tempat penampungan sementara (cold storage).

Dijelaskan, jika fasilitasi khusus ini untuk hasil-hasil pertanian yang tidak bertahan lama seperti hasil hotikultura, serta mengembangkan produk olahan pasca panen seperti produk sirup, saos, keripik dan sejenisnya. "Fasilitasi ini mampu memasok hasil-hasil pertanian pasca panen yang berlimpah sehingga kestabilan harga dapat terjaga," sebutnya.

Di sisi lain, dengan program ini dapat menjamin ketersediaan hasil pertanian pada setiap hari serta menjaga kestabilan harga nantinya. Sementara disinggung terkait investor, Cabup Sedana Arta mengatakan jika investor akan diberikan ruang selama dalam pembangunannya bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Bangli. "Pastinya kami berikan ruang, selama memang memberikan manfaat untuk Bangli," tandasnya.

Politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini menyampaikan, terkait pemasaran produk hasil pertanian, pihaknya menawarkan pengembangan akses jaringan pemasaran secara online seperti media e-comerce dan marketplace. Dengan ini para petani dapat memasarkan produknya secara langsung kepada konsumen dan terhindar dari permainan harga oleh para tengkulak. "Kondisi ini yang banyak dikeluhkan oleh petani selama ini. Program ini salah satu terobosan baru sebegai bentuk keseriusan kami untuk menggarap sektor pertanian sebagai prioritas pembangunan Bangli," kata Cabup Sedana Arta.

Tidak hanya itu, untuk mensinergikan pengembangan pertanian dan pariwisata, Cabup Sedana Arta merancang konsep Agrotourism atau agrowisata sebagai solusi untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Bagaimana menjaga kelestarian alam, kelestarian budaya serta kesejahteraan masyarakat.

Cabup Sedana Arta menjelaskan konsep agrowisata ini menawarkan aktivitas wisata yang menjadikan aktivitas bertani sebagai atraksi wisata yang akan menarik minat wisatawan untuk mendapatkan pengalaman baru mereka. "Tentu harapannya length of stay atau lama tinggalnya serta meningkatkan spend of money atau pengeluaran wisatawan di destinasi," sambung Sedana Arta yang juga. *esa
Sumber: Nusabali

Jadikan Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Bangli

Jadikan Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Bangli

Jadikan Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Bangli

Jadikan Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Bangli

Jadikan Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Bangli

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya