0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jampidsus: Hasil Penyelidikan Pinangki Ditentukan Senin

Republika Online
Republika Online - Sun, 09 Aug 2020 12:40
Dilihat: 42
Jampidsus: Hasil Penyelidikan Pinangki Ditentukan Senin

JAKARTA -- Nasib Jaksa Pinangki Sirna Malasari akan ditentukan awal pekan nanti. Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Ali Mukartono mengatakan, sudah ada bukti yang cukup dari hasil pendalaman tim penyidikan untuk menentukan perbuatan oknum jaksa tersebut dapat diteruskan ke pemidanaan atau tidak.

"Hasil dari Jamwas (Jaksa Agung Muda Pengawasan) atas pemeriksaan yang bersangkutan (Jaksa Pinangki), itu cukup untuk dijadikan bukti permulaan. Itu sudah bisa," kata Ali saat dijumpai di Gedung Pidana Khusus, Jumat (7/8) malam. Meskipun, Ali minta maklum atas kebutuhan tim penyidikan untuk mendalami hasil pemeriksaan Jamwas.

Ali menerangkan, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Jamwas, sebetulnya sudah membeberkan rangkaian perbuatan jaksa Pinangki. Tim di Jampidsus, kata dia, melanjutkan pendalaman dengan mencari konstruksi hukumnya, sesuai apa yang akan disangkakan. Termasuk, kata Ali, pendalaman dilakukan tim penyidik untuk mencari alat bukti tambahan

Ali menginginkan, pendalaman tersebut pungkas akhir pekan ini. Sehingga, kata Ali, pengungkapan perkara jaksa Pinangki, cepat ditentukan. Ali meminta agar penyidik sudah dapat melakukan ekspose, pada Senin (10/8), atau Selasa (11/8). "Seandainya nanti bisa langsung ke penyidikan, langsung ke penyidikan saja," kata Ali.

Direktur Penyidikan Jampidsus Febrie Adriansyah mengatakan, rencana ekspose kasus jaksa Pinangki, memang akan ia rencanakan pekan depan. "Ini sebenarnya memang bukan suatu perkara yang rumit, tidak membutuhkan banyak saksi-saksi juga," kata Febrie, saat ditemui di Kejaksaan Agung (Kejakgung) Jumat (7/8) malam. Febrie mengatakan, penyidikan sudah punya konstruksi pidana yang terang untuk dapat menjerat perbuatan jaksa Pinangki.

Febrie mengungkapkan, dari hasil pendalaman timnya, jaksa Pinangki diduga melakukan tindak pidana korupsi. Yaitu berupa penerimaan suap dan gratifikasi yang diduga berasal pemberian terpidana korupsi Djoko Sugiarto Tjandra. "Sangkaannya ini Pasal 5 ayat (2), dan Pasal 11. Sangkaannya itu," kata dia. Pasal-pasal tersebut, mengatur ancaman penjara satu sampai lima tahun bagi pegawai negeri atau penyelenggara negara, yang menerima pemberian uang atau janji dari orang lain, terkait dengan jabatannya.

Jaksa Pinangki, pekan lalu (29/7) dicopot dari jabatannya selaku Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II Biro Perencanaan Kejakgung. Jamwas menyatakan Pinangki melakukan pelanggaran berat kode etik dan disiplin pejabat tinggi di kejaksaan. Pinangki, dinyatakan bersalah lantaran melakukan perjalanan dinas luar negeri tanpa izin atasan ke Malaysia, dan Singapura sebanyak sembilan kali sepanjang 2019.

Jamwas meyakini, dinas luar negeri ilegal tersebut, untuk menemui Djoko Tjandra yang saat itu masih buron. Terkait kasusnya, sampai saat ini, Sabtu (8/8) Pinangki tak pernah bisa dimintai keterangan. Republika, berkali-kali menghubunginya via sambungan seluler untuk meminta penjelasan dan klarifikasi. Namun tak pernah ada respons. Pesan via WhatsApp, untuk meminta pernyataan tertulis, pun tak pernah ditanggapi olehnya.


Berita Terkait
  • Jaksa Pinangki Berpotensi Menjadi Tersangka Gratifikasi
  • Polri: Anita Jembatani Pembuatan Surat Palsu Djoko Tjandra
  • Polisi Jelaskan Alasan Penahanan Anita Kolopaking
Berita Lainnya
  • Jampidsus: Hasil Penyelidikan Pinangki Ditentukan Senin
  • Penggabungan BUMN Penerbangan-Pariwisata Harus Berhasil

Jampidsus: Hasil Penyelidikan Pinangki Ditentukan Senin

Jampidsus: Hasil Penyelidikan Pinangki Ditentukan Senin

Jampidsus: Hasil Penyelidikan Pinangki Ditentukan Senin

Jampidsus: Hasil Penyelidikan Pinangki Ditentukan Senin

Jampidsus: Hasil Penyelidikan Pinangki Ditentukan Senin

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya