0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Mobilmo
Mobilmo - Mon, 16 Apr 2018 11:55
Dilihat: 591

Mobil adalah salah satu andalan masyarakat untuk beraktivitas ataupun bepergian. Tentunya hal tersebut karena nyaman dan juga lebih aman ketika dalam perjalanan. Dibandingkan menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi adalah salah satu pilihan yang tepat untuk bepergian. Namun seringnya pemakaian pasti akan ada penurunan kondisi Mobil, yang dimana terdapat beberapa komponen yang membutuhkan perawatan. Salah satunya adalah aki Mobil yang dapat diatasi dengan jumper aki Mobil.

Apabila komponen Mobil mengalami masalah tentunya perlu mendapatkan perhatian. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah kerusakan aki Mobil atau kinerjanya menurun. Terjadinya masalah pada aki Mobil bisa ditandai dengan lampu yang redup, suara klakson sudah pelan atau mesin Mobil sulit dihidupkan. Tentunya jika mengalami salah satu hal tersebut dibutuhkan perhatian pada Aki Mobil.

Gunakan Kabel Jumper yang direkomendasikan jangan pakai yang lain

Munculnya masalah pada aki Mobil sebenarnya bisa diatasi dengan cara jumper aki Mobil. dalam prosesnya bisa dilakukan sendiri asalkan terdapat alatnya yang bisa dibeli di toko otomotif Mobil atau toko Aki. Dalam pemakaiannya diharuskan menggunakan kabel jumper aki, jangan memakai kabel biasa atau kabel lain yang bisa membahayakan.

>>> Baca juga, Jangan Khawatir, Begini Tips Meredam Kebisingan Pada Kabin Mobil

Bagi Anda yang ingin mencobanya atau penasaran dengan caranya, bisa melihat tips atau cara jumper aki Mobil yang benar di bawah ini.

Yang pertama harus dilakukan adalah mempersiapkan aki yang kondisinya masih bagus. Anda bisa menggunakan aki Mobil lain yang bersedia untuk dipinjam sebentar atau didekatkan dengan Mobil Anda. Siapkan kabel jumper yang jumlahnya ada 2 dengan warna yang berbeda yakni merah dan hitam. Untuk kabel jumper warna merah dihubungkan pada kutub aki positif, sedangkan untuk kabel hitam dipasangkan pada kutub aki negatif.

Setelah itu tunggulah beberapa saat dan memastikan bahwa kabel jumper dipasang dengan benar atau tidak terbalik. Jadi kutub positif dihubungkan menuju positif juga, sedangkan kutub negatif pada kutub negatif. Setelah dipastikan benar Anda bisa men-starter Mobil Anda.

Perhatikan posisi kutub yang benar saat melakukan jumper aki Mobil

Setelah mesin Mobil hidup, langkah selanjutnya adalah dengan melepaskan kabel pada aki Mobil yang di jumper. Setelah itu Anda bisa melepaskan kabel dari aki Mobil lain yang masih bagus atau Mobil lain yang diminta membantu.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

Selain hal tersebut, melakukan jumper aki Mobil terdapat hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah tegangan yang dimiliki kedua aki. Jadi pastikan kedua aki yang dihubungkan tadi memiliki tegangan yang sama yakni 12 Volt. Saat meminta bantuan kendaraan lain dekatkan dengan Mobil Anda namun jangan sampai bersenggolan. Hal tersebut bisa menyebabkan korsleting yang dapat menimbulkan kebakaran.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya saat melakukan jumper aki Mobil adalah dengan memastikan bahwa tidak ada beban tenaga pada kendaraan. Jadi matikan semua perangkat elektronik pada Mobil seperti Ac, audio dan perangkat lainnya. selain itu, kedua Mobil yang melakukan jumper harus dalam keadaan posisi tuas shifter netral atau park jika pada Mobil matic. Setelah itu Anda pastikan untuk menarik rem tangan supaya Mobil tidak melaju sendiri.

Saat melakukan jangan sampai Mobil bersentuhan karena bisa korsleting

Melakukan jumper aki pada Mobil bisa dilakukan saat keadaan terdesak di jalan. Jadi ketika Mobil sulit menyala maka jalan satu-satunya adalah dengan jumper aki yang bisa dengan bantuan Mobil lain. Mengingat terjadinya masalah di jalan tidak ada yang tahu, jadi sebaiknya Anda selalu membawa kabel jumper untuk berjaga-jaga.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara jumper aki Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.


Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

The post Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar appeared first on Mobilmo.Com.

Sumber: Mobilmo

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya