0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jelang Penugasan, KPU Pasaman Rapid Test 6.363 KPPS dengan Prokes Ketat

covesia
covesia - Mon, 30 Nov 2020 21:08
Dilihat: 38
Jelang Penugasan, KPU Pasaman Rapid Test 6.363 KPPS dengan Prokes Ketat

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat melakukan rapid test terhadap 6.363 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas ketertiban.

Pelaksanaan rapid test dengan mengambil tempat di kantor Camat dengan menyesuaikan kecamatan asal TPS dari KPPS tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Rodi Andermi mengatakan, bahwa pelaksanaan rapid test sengaja dilaksanakan di aula kantor Camat masing-masing untuk menghindari terjadinya kerumunan.

"Pelaksanan rapid test dilaksanakan dua hari, yakni dari tanggal 29 sampai dengan 30 November 2020 tadi. Dengan mengambil lokasi kantor kecamatan, KPU Pasaman mengagendakan rapid test dalam dua hari tersebut dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya," terang Rodi Andermi, Senin (30/11/2020).

Rodi Andermi juga menjelaskan, penanganan rapid test yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Pasaman kepada anggota KPPS dan petugas ketertiban bekerjasama dengan pihak klinik kesehatan dari Padang yang resmi dan terpercaya.

"Bagi anggota KPPS yang diketahui reaktif, nantinya akan dilakukan tes usap oleh tenakes yang telah kita tunjuk sebelumnya," terang Rodi andermi Dt. Putiah.

Lebih lanjut, bagi anggota KPPS maupun petugas ketertiban yang nantinya diketahui bebas Covid-19 bisa untuk bertugas menyelenggarakan jalannya pemilihan kepala daerah. Akan tetapi, jika diketahui petugas tersebut terpapar Covid-19 sejumlah mekanisme akan diambil oleh KPU Pasaman.

"Ada beberapa alternatif terkait kondisi tersebut. Proses pemungutan suara digelar pada hari Rabu, tanggal 9 Desember 2020. Hasil swab nanti akan diketahui sebelum 9 Desember 2020, jika positif (petugas KPPS) bisa mengundurkan diri atau dalam proses tes swab negatif masih memenuhi syarat untuk jadi anggota KPPS dan petugas ketertiban," terangnya.

Untuk diketahui, KPU Pasaman menyediakan sejumlah alat pelindung diri (APD) untuk setiap tempat pemungutan suara (TPS). Di antaranya, hand sanitizer, disinfektan, semprotan, ember untuk cuci tangan, sarung tangan plastik untuk semua pemilih, bahkan masker untuk pemilih yang lupa membawanya.

"APD kami sediakan untuk mendukung jalannya protokol Covid-19 saat pemungutan suara. APD nantinya akan dibagikan ke TPS pada 5 atau 6 Desember. Termasuk, baju hazmat juga akan kita alokasikan, satu baju hazmat untuk tiap TPS," sambungnya.

Jumlah TPS pada pilkada Pasaman 2020 sendiri terdapat sebanyak 707. Bilik khusus juga disediakan untuk pemilih yang diketahui bersuhu badan tinggi (37,3 C atau lebih).

"Jumlah TPS di Pasaman sebanyak 707. Bilik khusus kami sediakan untuk pemilih dengan suhu badan yang tinggi (37,3 C atau lebih). Petugas ketertiban nanti akan cek suhu tubuh pemilih sebelum masuk TPS, ketika suhu tubuh tinggi, pemilih akan melakukan pemilihan di bilik khusus tersebut. Itu khusus. Totalnya, dua ditambah satu bilik. Dua untuk masyarakat yang normal sehat, satu untuk yang suhu tinggi (37,3 C atau lebih)," terangnya.

Ia menegaskan, bahwasanya pemilih yang datang ke TPS hanya dilakukan pengecekan suhu tubuh, pemilih tidak akan ada dilakukan rapid test maupun test Swab.

"Alhamdulillah dari Rapid test yang dilaksanakan belum ada laporan yang kami terima anggota KPPS yang reaktif. Namun kalau ada yang reaktif akan kita tindaklanjuti sesuai prokes yang ada," katanya.

Sementara, Erma Gusti, salah seorang KPPS yang telah melakukan rapid test mengutarakan, bahwa dirasakannya pelaksanaan rapid test oleh KPU Pasaman sangat professional dengan penerapan standar protokol kesehatan yang ketat dan lancar.

"Memang penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam agenda rapid test kali ini cukup ketat. Kami, para anggota KPPS telah ditentukan pembagian jam kedatangannya agar menghindari kerumunan. Terus, kami juga diwajibkan pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. KPU Pasaman betul-betul menyelenggarakan rapid test ini dengan baik dan tertib," ujar Erma Gusti, yang merupakan petugas KPPS pada TPS 03 Ambacang Anggang, Nagari Aia Manggih, Lubuk Sikaping.


(hri)

Sumber: covesia

Jelang Penugasan, KPU Pasaman Rapid Test 6.363 KPPS dengan Prokes Ketat

Jelang Penugasan, KPU Pasaman Rapid Test 6.363 KPPS dengan Prokes Ketat

Jelang Penugasan, KPU Pasaman Rapid Test 6.363 KPPS dengan Prokes Ketat

Jelang Penugasan, KPU Pasaman Rapid Test 6.363 KPPS dengan Prokes Ketat

Jelang Penugasan, KPU Pasaman Rapid Test 6.363 KPPS dengan Prokes Ketat

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya