0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jokowi Dorong ASEAN Perangi Diskriminasi-Politisasi Vaksin

Republika Online
Republika Online - Tue, 26 Oct 2021 15:19
Dilihat: 75
Jokowi Dorong ASEAN Perangi Diskriminasi-Politisasi Vaksin

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin ASEAN melakukan sejumlah langkah percepatan dan penguatan di bidang kesehatan. Ia mengatakan, penurunan kasus Covid-19 di kawasan ASEAN saat ini harus dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk bangkit bersama.

Pertama, Presiden menekankan pentingnya percepatan vaksinasi di kawasan. Saat ini, tingkat vaksinasi penuh di kawasan ASEAN masih 10 persen di bawah rata-rata dunia. Karena itu, ia mendorong ASEAN terus memerangi diskriminasi dan politisasi vaksin.

"ASEAN harus terus melakukan pembelian vaksin untuk anggotanya, terus memerangi diskriminasi dan politisasi vaksin, dan menyuarakan pentingnya kesetaraan akses vaksin bagi semua," kata Jokowi saat menyampaikan pidatonya pada KTT ASEAN ke-38 yang digelar secara virtual, dikutip dari siaran resmi Istana, Selasa (26/10).

Kedua, Jokowi juga menekankan pentingnya penguatan arsitektur kesehatan kawasan guna mengantisipasi pandemi di masa mendatang. Ia pun menyarankan sejumlah hal, antara lain pentingnya harmonisasi kebijakan darurat kesehatan publik antarnegara ASEAN khususnya terkait deteksi, mitigasi, dan cross border policy.

Selain itu, Presiden menekankan pentingnya penguatan Covid-19 ASEAN Response Fund yang harus ditransformasikan menjadi pendanaan kesehatan kawasan yang kuat. ASEAN Emergency Health Fund ini untuk mendanai akses terhadap alat kesehatan, diagnostik, obat-obatan, dan vaksin di masa darurat. Begitu juga dengan ASEAN Regional Reserve of Medical Supplies yang dinilai perlu terus diperkuat.

"Di saat yang sama, kawasan ASEAN didorong menjadi hub pusat produksi alat kesehatan, diagnostik, obat-obatan dan vaksin kawasan. Ini untuk menjamin pasokan kebutuhan negara ASEAN saat terjadi darurat kesehatan publik," kata dia.

Jokowi menilai, keberhasilan penanganan di bidang kesehatan akan menjadi jalan bagi pertumbuhan ekonomi. ADB Outlook 2021 memperkirakan pertumbuhan ekonomi ASEAN di tahun 2022 sebesar 5 persen.

"Kita harus membuktikan bahwa kita bisa mencapai lebih dari itu, dengan cara disiplin bekerja sama dan melakukan langkah bersama," ujarnya.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan, Jokowi juga menekankan pentingnya reaktivasi perjalanan, termasuk pariwisata yang aman dari Covid-19. Karena itu, ia mendorong agar segera mengimplementasikan ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework (ATCAF).

Lebih lanjut, ia juga meminta agar adaptasi menuju ekonomi digital dipercepat di semua negara sebagai solusi keterbatasan pergerakan manusia. Sebagai kawasan dengan pertumbuhan internet tercepat di dunia, potensi ekonomi digital ASEAN ini sangat besar.

"Selama pandemi, ekonomi digital tumbuh mencapai 100 miliar dolar AS di tahun 2020. Hal ini menjadi batu lompatan kemajuan ekonomi di kawasan kita dan menjadi kontribusi ASEAN untuk pemulihan ekonomi global," ucap dia.

Dalam acara ini, Presiden turut didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.


Berita Terkait
  • Sekjen PBB Serukan Pemerataan Vaksin Covid-19
  • Moderna Sebut Vaksin Covid-19-nya Lindungi Anak-Anak
  • Percepat Vaksinasi, Desa Berdaya Rumah Zakat Tebar Hadiah
Berita Lainnya
  • Upacara Pemakaman Sudi Silalahi Digelar Meski Diguyur Hujan
  • Barcelona Bakal Hadapi Boca Juniors di Maradona Cup

Jokowi Dorong ASEAN Perangi Diskriminasi-Politisasi Vaksin

Jokowi Dorong ASEAN Perangi Diskriminasi-Politisasi Vaksin

Jokowi Dorong ASEAN Perangi Diskriminasi-Politisasi Vaksin

Jokowi Dorong ASEAN Perangi Diskriminasi-Politisasi Vaksin

Jokowi Dorong ASEAN Perangi Diskriminasi-Politisasi Vaksin

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya